Kuliah Animasi Cara Tepat Menjadi Animator Mumpuni

0
70
kuliah animasi
kuliah animasi

Terbahak-bahak menonton Doraemon dengan berbagai tingkahnya untuk menyenangkan Nobita, tersenyum simpul menonton dialog Dudung dan Nunung dalam keluarga Somat, atau gregetan dengan tingkah Adit Sopo Jarwo, masih belum familiar dengan dua dari tiga judul serial di atas. Jika Frozen,Finding Nemo,Cars, Finding Dorry, Toys Story judul-judul film ini tidak asing bukan, semua ke samaannya adalah bentuk filmnya animasi.

Animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Ternyata animasi tertua ada di Indonesia yakni wayang kulit, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik. Perkembangan animasi dunia cukup signifikan karena sudah menjadi industri tersendiri, Walt Disney menjadi raksasa di bidang ini meskipun studio lainnya juga semakin berkibar. Film-film animasi bahkan selalu masuk dalam deretan box office tiap tahun sebagai film yang di nanti pencintanya. Para kreator di belakang animasi atau di sebut animator menjadi profesi yang menjanjikan dan tentu saja tidak hanya otodidak saat ini kuliah animasi tersedia di beberapa sekolah tinggi, sebagai media pencetak para animator muda berbakat.

Menurut sumber wikipedia Ada dua proses pembuatan film animasi;

  • Konvensional, dana cukup besar dan proses pembuatannya cukup panjang
  • Digital, menggunakan komputer dengan biaya lebih ringan dan prosesnya lebih cepat

Dalam pembuatan animasi dubbing atau sulih suara sangat berperan agar gambar dan cerita yang telah ada menjadi lebih hidup. Profesi dubber menjadi penting disini, bahkan dalam film-film animasi hollywood para dubber diisi oleh para bintang film ternama sebagai daya tarik tersendiri. Perkembangan animasi Indonesia meski tidak dapat dibilang maju pesat namun juga tidak di bilang mandeg, berjalan terus meskipun berbagai kebijakan dan dana tidak mendukung. Berbagai studio animasi Indonesia yang bergabung dalam Ainaki (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia) mencatat nama-nama studio animasi Indonesia, tetap eksis bahkan mendapat lisensi untuk menggarap berbagai film animasi luar baik Jepang maupun Amerika Serikat.

Calon animator dapat kuliah animasi di IDS (International Design School) yang akan menjadi pencetak animator mumpuni Indonesia  kunjungi situs www.idseducation.com, untuk info lebih lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here