Alasan Kuat Berkarir di Bidang Cyber Security Indonesia

cyber security indonesia
cyber security indonesia

Gelar keamanan dunia maya atau cyber security adalah pintu gerbang menuju peluang kerja yang menarik di industri yang sedang berkembang seperti sekarang ini. Jika Anda tertarik untuk menggunakan pemikiran teknis Anda untuk memecahkan masalah kontemporer, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang bidang cyber security Indonesia yang menarik ini.

Apa itu Keamanan Cyber?

Keamanan dunia maya melindungi perangkat kita, seperti ponsel cerdas, laptop, dan komputer dari serangan dunia maya. Jika keamanan terganggu, data apa pun yang disimpan di perangkat ini dapat berisiko diakses, dicuri, atau dihancurkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

cyber security indonesia
cyber security indonesia

Alasan Mempelajari Keamanan Cyber

Jadi, mengapa Anda ingin menempuh pendidikan di bidang keamanan dunia maya? Dalam masyarakat saat ini yang serba online dan keamanan informasi tidak pernah lebih penting lagi. Setiap individu atau organisasi dapat berisiko mengalami pembobolan dan peretasan data, jadi mengkhususkan diri dalam keamanan dunia maya akan menempatkan Anda pada posisi yang sangat baik untuk mengamankan pekerjaan di masa depan. 

Gelar keamanan dunia maya mengajarkan Anda cara melindungi sistem operasi komputer, jaringan, dan data dari serangan dunia maya. Anda akan mempelajari cara memantau sistem dan mengurangi ancaman saat terjadi. Di bawah ini adalah beberapa alasan Anda mungkin ingin mempelajari cyber security Indonesia di IDS Digital College.

1. Meningkatnya peluang kerja

Keamanan dunia maya relatif baru sebagai spesialisasi tersendiri, dengan perusahaan semakin menyadari bahwa mereka membutuhkan ahli internal untuk melindungi mereka dari kejahatan dunia maya. Dan ini adalah kabar baik jika Anda ingin memulai karir di bidang keamanan cyber, karena ke depan pasti akan membutuhkan banyak sekali ahli di bidang ini. Beberapa pekerjaan yang bisa Anda masuki meliputi:

  • Analis aplikasi
  • Analis keamanan 
  • Insinyur keamanan
  • Engineer keamanan

2. Ragam spesialisasi

Profesional atau ahli di bidang keamanan dunia maya dapat lebih mengkhususkan diri dalam bidang-bidang seperti web gelap, forensik digital, dan perang dunia maya atau proxy war. Bergantung pada latar belakang teknis Anda, Anda mungkin mengerjakan keamanan untuk jaringan, aplikasi, atau data dalam pengaturan operasional. Anda bahkan bisa menjadi seorang peretas atau hacker, meskipun hal ini tidak akan pernah kami rekomendasikan.

3. Memecahkan teka-teki teknis yang rumit

Mempelajari keamanan dunia maya memberi Anda kesempatan untuk menggunakan keterampilan analitis Anda untuk memecahkan masalah kompleks dan menganalisis pola data. Dalam kehidupan profesional Anda, jika terjadi masalah keamanan, Anda harus dapat berpikir cepat untuk meneliti masalah tersebut dan memecahkan masalah untuk menemukan penyebab serta solusinya.

4. Membuat dampak yang signifikan

Memulihkan kondisi dari pelanggaran keamanan data sebagai sebuah perusahaan sangat menantang dan mahal. Jadi memiliki orang yang tepat yang bertanggung jawab untuk melindungi dari hal ini sangatlah penting. Dengan bekerja di bidang keamanan dunia maya, Anda memiliki peluang untuk membuat dampak nyata, dan akan bermanfaat jika Anda berhasil melacak penyerang atau menghentikan ancaman serius.

5. Industri yang bergerak cepat

Dengan ancaman dan teknologi digital yang berkembang serta jaringan digital yang terus berkembang, para profesional keamanan dunia maya harus berada di puncak tren industri dan selalu ada di depan para penjahat dunia maya. Industri yang terus berubah ini membuat pilihan karier yang menarik dengan banyak peluang untuk mempelajari keterampilan baru.

Banyak sekali kesempatan kerja dan peluang karir jika Anda menempuh pendidikan serta berhasil mendapatkan gelar di bidang keamanan cyber. Apakah Anda akan membiarkan hal ini sia-sia dan berlalu begitu saja? Kesempatan tersebut mungkin tidak akan datang berkali-kali. Segeralah Anda menempuh pendidikan di IDS Digital College agar menjadi seorang expert di bidang cyber security Indonesia.