Pentingnya Biaya Klaim Asuransi Mobil

0
23
Biaya Klaim Asuransi Mobil
Biaya Klaim Asuransi Mobil

Autocillin sebagai perusahaan asuransi untuk kendaraan roda 4 terbaik di Indonesia hadir sebagai solusi untuk meminimalisir resiko tanpa harus membebani nasabah dengan biaya klaim asuransi mobil.  Nasabah sudah melaksanakan kewajiban setiap bulannya dengan membayar premi, maka ketika klaim asuransi tersebut, sudah sewajarnya nasabah menikmati proses klaim atas resiko yang terjadi tanpa harus dibebankan biaya administrasi. 

Biaya Klaim Asuransi Mobil
Biaya Klaim Asuransi Mobil

Biaya klaim asuransi tidak seharusnya dibebankan kepada nasabah perusahaan asuransi, mengingat resiko yang terjadi serta kelancaran nasabah dalam membayar kewajiban nya berupa premi setiap bulannya.

  • Jenis – jenis asuransi 

Jenis asuransi yang akan dibahas kali ini yaitu jenis asuransi kendaraan roda 4 (mv4). Kendaraan roda 4, biasanya rawan dengan pencurian maupun kecelakaan. Untuk itu, Pentingnya ada asuransi kendaraan yang meminimalisir resiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Jenis asuransi untuk kendaraan roda 4 meliputi asuransi all risk dan total loss only (TLO) 

  • Keuntungan dan kerugian mengikuti produk asuransi kendaraan. 

Seperti yang telah diketahui, bahwa untuk asuransi kendaraan memiliki dua jenis. Masing-masing memiliki keuntungan dan Kerugian yang berbeda. All risk adalah jenis asuransi kendaraan yang menangani semua jenis resiko kendaraan meliputi partial lost, dengan kata lain resiko yang timbul atas kepemilikan kendaraan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak, dengan tingkat kerusakan kurang dari 75 %, TLO juga dapat ditangani oleh jenis asuransi all risk. TLO atau total loss only merupakan jenis asuransi kendaraan yang menangani kerusakan kendaraan mencapai 75% dari nilai kendaraan. Itu artinya harus memiliki estimasi biaya ketika mengajukan klaim asuransi tersebut. Karena jika tidak memiliki estimasi biaya, dan ternyata terbukti kurang dari 75 % dari nilai kendaraan, maka klaim asuransi tersebut kemungkinan besar akan ditolak. 

Dari penjelasan di atas diharapkan sudah bisa ada bayangan mengenai keuntungan dan Kerugian memilih jenis asuransi kendaraan. 

Keuntungan jenis asuransi all risk 

  • Menangani semua resiko asuransi yang terjadi baik itu pencurian maupun kecelakaan yang tidak mencapai 75% dari nilai kendaraan. 
  • Kendaraan dapat memiliki pihak ketiga yang menanggung segala resiko yang kemungkinan terjadi. 
  • Resiko kecil dapat diminimalisir. 

Kerugian jenis asuransi all risk, yaitu : 

  • Hanya berlaku untuk mobil jenis baru 
  • Adanya biaya administrasi untuk klaim asuransi pada bengkel rekanan 
  • Biaya premi tiap bulan relatif lebih mahal. 
  • Jika tidak terjadi klaim, maka asuransi hangus. 

Keuntungan jenis asuransi TLO

  • Berlaku untuk mobil jenis baru dan bekas. 
  • Biaya premi asuransi kendaraan lebih murah. 
  • Tidak adanya biaya administrasi untuk klaim asuransi. 

Kerugian jenis asuransi TLO, yaitu :

  • Tidak bisa menangani kerusakan kurang dari 75 % dari nilai kendaraan. 
  • Karena hal tersebut banyak nasabah yang merasa dirugikan, karena kecelakaan tetapi kerusakan nya kurang dari 75 %.  Kurang beberapa persen saja akan mengakibatkan penolakan untuk klaim asuransi tersebut. 

Keuntungan dan kerugian di atas diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih jenis asuransi kendaraan bagi pemilik kendaraan roda 4. 

  • Tips Memilih perusahaan asuransi untuk kendaraan. 

Perusahaan asuransi untuk kendaraan roda 4 di Indonesia memang masih bisa di hitung jari. Namun demikian, penilaian tersebut tidak luput dari kredibilitas yang baik yang dihasilkan oleh perusahaan asuransi tersebut. Pelajari tips memilih perusahaan asuransi yang baik, yaitu : 

  1. Pilihlah Perusahaan Asuransi yang Bebas Biaya Klaim. 
  2. Pilihlah Perusahaan Asuransi yang memiliki nama besar perusahaan pada masyarakat luas. 
  3. Pilihlah Perusahaan Asuransi yang memiliki kredibilitas yang tinggi dalam menangani setiap klaim nasabah. 
  4. Pilihlah Perusahaan Asuransi kendaraan yang professional dalam menangani setiap klaim nasabah nya.