Perkembangan Teknologi Bagi Dunia Pendidikan

0
246

Perkembangan Teknologi yang sudah mendunia atau sering disebut global memang telah mempengaruhi segala aspek yang ada dalam sendi kehidupan. Pendidikan adalah salah satu yang tak lepas dari pengaruh perkembangan tersebut. Perkembangan teknologi ini memang tidak bisa terhindari dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan.

Banyak sekali inivasi yang bermunculan sehingga perkembangan terutama dalam hal informasi dan teknik serta pendidikan sangat maju pesat dalam decade dekat ini. Sehingga manfaatnya sangat terasa bagi seluruh peserta didik. Walaupun juga ada sisi negative, akan tetapi hal ini sebagai konsekuensi yang harus dihadapi seiring perkembangan yang ada pada teknologi di dunia pendidikan.

Beberapa manfaat dari Perkembangan Teknologi khususnya informatika adalah mudah dan cepatnya untuk mengakses informasi. Ibarat sebuah tabungan data, internet bisa dibilang sebagai bank yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun sehingga seringkali pelajar bahkan mahasiswa memanfaatkan hal ini sebagai jalan pintas untuk mengakses informasi karena dirasa lebih cepat daripada membaca buku diktat.

Selain itu juga data yang selalu update memberi efek bagi pengguna internet untuk selalu update dan selalu memperbaharui informasi dari internet. Akan tetapi saran bagi pelajar dan mahasiswa adalah untuk selalu kreatif, dan cerdas untuk menyaring informasi yang ada di internet dan diimbangi dengan kreatifitas yang selalu diasah untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

Selain itu hari ini dalam Perkembangan Teknologi kita sering mengenal dengan cyber teaching, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan dengan via internet. Istilah lain yang terkenal adalah e-learning. Yaitu pembelajaran dengan menggunakan media teknologi informasi. Fungsi e-learning ini adalah kemampuannya untuk memperbaharui, menyimpan dan mendistribusi materi pembelajaran dengan jangkauan yang lebih luas.

Model pembelajaran ini terus berkembang pesat sehingga melahirkan pembelajaran seperti CBT ( computer based training), distance learning, distance education, CLE ( cybernetic learning environment) dan lain sebagainya. Dampaknya adalah dengan sistem pembelajaran seperti ini belajar akan lebih efektif dan tepat sasaran dan up to date dalam mengikuti perkembangan pengetahuan yang diberikan.