Perbedaan Mendidik Anak Dan Mengajar Anak

0
38
mendidik anak
mendidik anak

 

Kewajiban kita para orang tua terhadap anak – anak kita adalah memberikan pendidikan dan pengajaran tentang hal – hal atau nilai – nilai kebaikan yang harus dilakukan oleh anak – anak kita kelak jika mereka telah dewasa. Pendidikan dan pengajaran terhadap anak merupakan sebuah perintah dari Allah SWT yang notabene Dia-lah yang telah memberikan anugerah serta karunia terbesarnya untuk kita. Jika kita mendapat perintah dari Dzat yang menciptakan kita serta alam raya beserta isinya, maka tidak ada alasan serta tidak ada tawar menawar lagi bagi kita untuk tidak menaatinya.

Mendidik anak serta mengajarkan nilai – nilai kebaikan bagi anak kita adalah tugas yang harus kita emban. Tugas ini pastinya akan dipertanyakan oleh Sang Maha Pencipta kelak di akhirat. Sehingga kita harus bersungguh – sungguh dalam mendidik dan mengajar anak kita agar anak kita menjadi seseorang yang memiliki akhlak dan perilaku baik yang diridhai oleh Allah SWT. Mengapa harus mendidik dan mengajar ?

Ada perbedaan pengertian antara mendidik dan mengajar anak. Mungkin selama ini, sebagian kita menganggap bahwa mendidik itu sama saja dengan mengajar. Tapi kenyataannya memang ada perbedaan antara mendidik anak dengan mengajar anak. Perbedaan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mendidik Anak
Dari segi isi, mendidik anak sangat berkaitan dengan moral dan kepribadian sang anak. Jika ditinjau dari segi proses, maka mendidik berkaitan dengan memberikan motivasi kepada anak untuk belajar dan mengikuti ketentuan atau tata tertib yang telah menjadi kesepakatan bersama. Kemudian bila ditilik dari segi strategi dan metode yang digunakan, mendidik lebih menggunakan keteladan dan pembiasaan.

2. Mengajar Anak
Jika ditinjau dari segi isi, maka mengajar anak berupa bahan ajar dalam bentuk ilmu pengetahuan. Prosesnya dilakukan dengan memberikan contoh kepada anak atau mempraktikkan keterampilan tertentu atau menerapkan konsep yang diberikan kepada anak agar menjadi kecakapan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Strategi dan metode yang dapat digunakan untuk mengajar misalnya ekspositori dan inkuiri.

Itulah perbedaan antara mendidik anak dengan mengajar anak. Kedua hal tersebut harus dilakukan secara bersama – sama. Anak itu tidak cukup hanya di didik, tetapi juga anak butuh pengajaran. Selain kedua hal tersebut, anak kita juga memerlukan bimbingan, pengawasan, penjagaan serta pelatihan hal – hal positif untuk menjadi manusia yang memiliki perilaku serta akhlaq yang di ridhai oleh Allah SWT.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here