Cara Paling Tepat Mengatasi Anak Hiperaktif

0
248
cara mengatasi anak hiperaktif

Terdapat banyak cara mengatasi anak hiperaktif yang bisa dilakukan oleh para orang tua yang memiliki anak hiperaktif. Namun dari sekian banyak cara, anda harus memilih cara – cara yang paling tepat, yaitu cara mengatasi dan menangani anak hiperaktif dengan tidak membuat anak tersebut sakit baik fisik Maupin psikis-nya.

Hal itu sangat penting mengingat bahwa kejiwaan anak masih sangat labil, sehingga apabila kita salah salam mengatasinya, bukannya hasil yang baik yang kita dapatkan, yang ada malah menambah anak tersebut semakin hiperaktif saja..

cara mengatasi anak hiperaktif

Adapun cara mengatasi anak hiperaktif yang paling tepat bisa anda lakukan adalah dengan cara – cara sebagai berikut :

  1. Memaksakan Keterbatasan Tetapi Memberikan Fleksibilitas. Biarkan mereka tahu bahwa anda serius saat anda memberitahu mereka bagaimana caranya berperilaku. Anda sebagai orang tua bisa memberikan sebuah teguran terhadap perilaku yang tidak diinginkan yang mereka lakukan. Berikan toleransi dan membiarkan mereka bergerak saat mereka ingin melakukan sesuatu.
  2. Kurangi jumlah gula dalam diet mereka. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asupan gula yang terlalu banyak bisa memicu hiperaktivitas pada anak-anak.
  3. Menetapkan rutinitas. Konsistensi dan struktur membantu anak-anak hiperaktif merasa aman di lingkungan mereka. Di satu sisi, hal ini membantu menekan hiperaktivitas mereka sehingga bisa lebih mudah diatasi.
  4. Hindari minuman berkafein. Sebisa mungkin anda harus menjaga apa yang mereka makan dan apa yang mereka minum. Minuman atau makanan yang mengandung kafein bisa memicu hiperaktivitas pada anak, karena kafein memiliki sifat stimulan.
  5. Buat suasana yang menenangkan. Anak-anak hiperaktif memiliki kesulitan untuk tetap diam dan tenang dalam lingkungan yang sibuk atau berdengung.
  6. Membuat tempat relaksasi. Buatlah suatu ruang untuk anak-anak hiperaktif di mana mereka bisa bersantai.
  7. Berikan banyak waktu kepada anak hiperaktif untuk menjadi kreatif. Perlu anda tahu, banyak anak-anak hiperaktif memiliki kreatifitas yang tinggi. Anda harus membiarkan anak-anak hiperaktif untuk menerapkan kreativitas mereka. Hal ini bisa membantu melepaskan energi emosional mereka dan juga bisa membantu mengurangi hiperaktivitas mereka.

Pemberian nutrisi bergizi juga sangat penting untuk mendukung berhasilnya implementasi cara mengatasi anak hiperaktif tersebut. Pemberian susu misalnya, kegiatan tersebut sangat baik mengingat susu bisa mempengaruhi pertumbuhan otak anak menjadi lebih baik. Jika pertumbuhan otak anak baik, maka pola perilakunya pun akan kembali menjadi normal seperti sediakala. Susu Dancow sangat direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk membentuk otak anak menjadi sehat dan normal seperti pada umumnya.