Trik Ampuh Mengatasi Anak Yang Malas Menulis

0
175
belajar menulis
belajar menulis

Membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki anak di usia sekolah. Namun melatih  anak belajar  menulis lebih sulit daripada mengajarkan mereka membaca. Tidak jarang anak yang malas untuk menulis. Karena pada dasarnya anak-anak memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda, ada yang tidak suka teori yang berhubungan dengan menulis, tetapi mereka lebih menonjol di bidang lain seperti musik dan lain sebagainya. Namun anda tidak usah bingung, berikut ini ada beberapa trik mengatasi anak yang malas menulis, diantaranya:

  • Budayakan membaca dirumah

Dengan cara ini dapat membuat anak anda lebih rajin menulis. Tidak perlu buku yang berat-berat, anda bisa memberikan buku cerita bergambar, majalah anak, komik dan lain sebagainya. Setelah membaca, cobalah untuk memintanya mencerikan kembali apa yan dibacanya dalam sebuah tulisan singkat. Jangan lupa untuk memberikan pujian atas apa yang mereka lakukan, agar mereka lebih bersemangat dalam menulis.

  • Biasakan anak menulis tentang apa yang dia suka

cara membimbing anak untuk belajar menulis adalah dumulai dari apa yang mereka sukai. Misalnya jika mereka senang membaca komik, anda bisa memintanya untuk menceritakan kembali apa isi cerita komik tersebut ke dalam sebuah tulisan. Jika mereka suka, tentunya akan lebih antusias dalam menulis untuk menceritakannya kembali.

  • Pastikan menulis secara rutin

Hal ini bisa anda lakukan dirumah dengan memberi tugas pada anak untuk menulis ringan setiap harinya. Dengan begitu, mereka akan terbiasa untuk menulis dan tidak perlu disuruh-suruh lagi dalam menulis. Berilah penghargaan atas apa yang telah mereka lakukan, misalnya memberi makanan yang dia suka setelah selesai melakukan tugasnya.

Itulah beberapa cara mengatasi anak ayang malas menulis. Hal ini biasanya terjadi pada anak yang sudah memasuki sekolah dasar. Tentunya hal ini harus kita bimbing dengan sabar dan jangan terlalu memaksakan. Untuk belajar menulis pada anak memerlukan waktu yang tidak sedikit, semua butuh proses sesuai dengan perkembangan otaknya. Untuk itu mesti didukung dengan asupan gizi yang baik dengan memberinya susu yang berkualitas seperti Dancow yang memiliki rasa yang disukai anak-anak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here