Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah

0
83
Cara menghitung usia kehamilan

Banyak pilihan cara menghitung usia kehamilan yang bisa dilakukan. Baik itu menghitung secara manual sesuai dengan rumus yang telah ditentukan, menggunakan perkiraan, atau menggunakan aplikasi. Dengan mengetahui usia kandungan sehingga dapat memudahkan untuk memberikan yang terbaik pada calon bayi tepat sesuai waktunya.

Cara menghitung usia kehamilan yang sering digunakan oleh dokter ataupun bidan adalah hitungan minggu dari pada bulan. Karena ini akan dapat mengetahui perkembangan calon bayi dengan lebih akurat lagi. Berikut cara menghitung usia kehamilan dengan cara manual:

  1. Hitungan kalender

Cara ini adalah cara menghitung usia kehamilan yang terbilang klasik dan juga umum digunakan. Syarat untuk menggunakan metode ini adalah harus tahu terlebih dahulu siklus haid. Pada perhitungan awal akan menggunakan HPHT, kemudian HPHT akan dihitung menggunakan rumus yang dikenal dengan nama Naegele.

2. System Fundus Uteri

Cara menghitung usia kehamilan fundus uteri atau dengan nama lain adalah puncak rahim. Caranya adalah dengan meraba puncak rahim terutama pada bagian yang terlihat menonjol pada perut. Cara menghitungnya bisa mulai dari tulang kemaluan. Alat yang digunakan adalah jari tangan, setiap dua jari akan menandakan 2 minggu usia kehamilan.

3. Deteksi gerakan janin

Cara deteksi janin ini adalah salah satu cara mengukur usia kehamilan yang paling mudah. Cara mengetahui usia kandungan yaitu dengan cara mengetahui gerakan janin yang ada pada perut. Jika janin sudah mulai bergerak dalam perut dan sudah bisa dirasakan, maka diperkirakan usia kehamilan sudah memasuki ke-18 sampai minggu ke -20.

4. Kalkulator masa subur

Kalkulator masa subur ini adalah salah satu cara untuk mengukur usia kehamilan. Cara ini memang adalah cara khusus untuk menghitung berapa usia kehamilan. Cara ini adalah cara yang cukup modern dan penggunaannya juga bisa instan. Kalkulator ini biasanya berbentuk aplikasi, hanya tinggal menggerakkan mouse memutari lingkaran sesuai dengan kondisi kehamilan. Dari situlah akan memperoleh data mengenai usia kehamilan, tanggal lahir dan juga kondisi janin yang ada di dalam perut.  

Berikut tadi beberapa cara menghitung usia kehamilan dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here