Tips Menu Makanan Sehat untuk Anak

0
135
menu makanan sehat untuk anak

Apakah Bunda sedang cemas karena si kecil tipe-tipe pemilih makanan dan sangat susah untuk memakan nasi. Yang mana nasi menjadi makanan pokok pagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dan hampir setiap hari sebagian besar masyarakat Indonesia memasak nasi. Namun Bunda tidak perlu khawatir lagi jika si kecil menolak untuk memakan nasi, dalam tulisan ini akan diulas berbagai tips dalam menyiapkan menu makanan sehat untuk anak.

Langsung saja, simak ulasan berikut ini:

menu makanan sehat untuk anak
Menu makanan sehat untuk anak
  • Mengolah Nasi Dengan Menu Menarik

Jika anak tidak menyukai nasi putih, maka Bunda memiliki kesempatan untuk mengolah nasi menjadi makanan yang sehat serta kaya rasa. Contoh menu menarik adalah bola nasi tuna wortel, nasi jamur kapri dan sebagainya. Menu lengkap berbagai olahan nasi putih bisa Bunda dapatkan di situs Sahabat Nestle.

  • Menghidangkan Nasi Dengan Bentuk Menarik

Selain mengolah nasi dengan segala bumbu, bunda juga dapat membuat tampilan nasi lebih menarik dengan bentuk-bentuk yang lucu. Bentuk yang lucu akan lebih menarik bagi anak dan mendorong rasa penasaran dan akhirnya mereka akan memakannya. 

  • Mengganti Sumber Karbohidrat Lain

Jika memang si kecil menolak nasi, maka sebaiknya Bunda tidak memaksanya dan mencoba alternatif lainnya yaitu dengan mengganti sumber karbohidrat lain. Menu makanan sehat untuk anak dapat bersumber dari karbohidrat selain nasi, misalnya bihun, pasta, mie, jagung, umbi-umbian dan sebagainya.

  • Pastikan Asupan Gizi Terpenuhi

Sebaiknya Bunda tidak hanya terfokus pada asupan karbohidrat yang bersumber pada nasi saja. Bunda harus fokus pada pemenuhan gizi seimbang pada menu makanan sehat untuk anak. Yang dapat dilakukan adalah dengan berpedoman pada program Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan RI. 

  • Sediakan Camilan Sehat

Camilan merupakan jalan untuk memenuhi gizi seimbang pada si kecil, Misalnya si kecil tidak menyukai nasi. Maka Bunda dapat memenuhi sumber karbohidrat dari cemilan untuk si kecil, jangan lupa untuk memastikan bahwa cemilan yang mengandung karbohidrat adalah cemilan sehat. Misalnya stik nestum brokoli kentang, martabak buah dan sebagainnya.