Ciri Perkembangan Bayi Normal

0
793
perkembangan bayi
perkembangan bayi

Untuk mengetahui perkembangan bayi bunda, Bidan Sela memberikan informasi lengkap seputar kehamilan dan juga pasca melahirkan. Sehingga, tidak ada lagi pertanyaan yang sering terjadi pada setiap ibu mengenai, normalkah perkembangan pada bayi saya? Ini adalah pertanyaan yang sering kali menggelitik para Bunda. Apalagi jika melihat  bayi sebayanya sudah bisa ini dan itu. Padahal kalau mau jujur, Bunda lain juga memiliki permasalahan yang timbul pada bayinya sendiri.

Ya, setiap bayi mempunyai tumbuh kembang yang berbeda. Meski ada pedoman perkembangan pada usia tertentu, namun tidak ada yang baku mengenai hal tersebut. Tumbuh kembang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pola asuh, kondisi pra-lahir, genetika, nutrisi, dan lingkungan.

perkembangan bayi
                                                        perkembangan bayi

Bayi yang satu mungkin dapat berjalan lebih dahulu. Sementara bayi Bunda mungkin bisa berbicara lebih dahulu.

Lalu bagaimana mengetahui bayi normal? Secara umum, Bunda dapat berpedoman pada ciri berikut.

1. Nafsu Makan Cukup

Nafsu makan yang cukup menjadi pertanda anak tumbuh normal yang pertama. Anak dapat tumbuh tidak normal jika tidak mau makan. Pada bayi berarti sulit diberi ASI.

Mungkin anak yang kurang nafsu makannya mengalami sakit yang belum Bunda ketahui.

2. Berat Badan Naik

Berat badan naik juga menandakan bayi sehat. Dalam Kartu Menuju Sehat atau KMS yang biasanya dimiliki balita akan terlihat kemajuan berat badan bayi. Bayi yang sehat otomatis tumbuh kembangnya tidak terhambat.

3. Dapat Diajak berkomunikasi

Bayi yang tumbuh kembangnya tidak normal karena ada gangguan otak umumnya terlihat dari perilaku. Bayi tidak tersenyum saat kepada orang sekitarnya, matanya tidak fokus menatap Bunda jika diajak berkomunikasi, dan gerakannya cenderung tidak terkendali.

Bayi dengan gangguan perilaku tampak sehat secara fisik. Kebanyakan baru disadari ketika bayi mengalami keterlambatan bicara dan tidak dapat mengendalikan emosi.

4. Sehat Fisik

Sehat secara fisik merupakan ciri selanjutnya bayi tumbuh normal. Sehat fisik dapat berarti organ tubuh lengkap. Namun, dapat juga berarti bayi tidak sering sakit.

Itulah 3 ciri perkembangan bayi Bunda normal. Jadi jangan galau lagi ya! Fokus saja terus merangsang tumbuh kembangnya. Saat salah satu dari ciri di atas terlihat pada bayi, segeralah berkonsultasi dengan ahlinya. Bila Bunda butuh informasi lebih tentang bayi, Bidan Sela adalah sahabat terbaik. Semua informasi yang diberikan akurat dan terpercaya.