Cemilan Tradisional Indonesia Khas Aceh

0
49
Cemilan Tradisional Indonesia
Cemilan Tradisional Indonesia

Cemilan Tradisional Indonesia – Kalian ingin mengenal cemilan tradisional Indonesia khas Aceh? Aceh adalah wilayah yang memiliki keragaman dan memiliki kekayaan alam, kekayaan ilmu pengetahuan, kekayaan budaya dan kekayaan agama yang sangat luar biasa. Hal inilah yang membuat Aceh menjadi daerah yang spesial dari zaman kerajaan, penjajahan hingga zaman modern sekarang ini.

Kota yang mendapat julukan “Serambi Mekkah” ini selain terkenal dengan wisata budaya juga tidak ketinggalan dengan wisata kulinernya. Beraneka ragam sajian kuliner yang membuat lidah kita bergoyang.

Cemilan Tradisional Indonesia
                                                          Cemilan Tradisional Indonesia

Maka tidak heran kalau kita berkunjung ke Aceh akan didapatkan cemilan tradisional Indonesia khas Aceh. Apa saja makanan tradisional khas Aceh tersebut, mari kita simak:

  • Pisang Sale

Pisang Sale sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional kususnya di kawasan Aceh Timur sebagai sentra pisang sale wilayah Aceh. Makanan tradisional ini mempunyai rasa dan aroma yang khas, terbuat dari pisang matang yang kemudian di jemur sampai kering, kemudian di asapi agar tahan lama. Pisang Sale dapat disantab langsung atau dengan di goreng terlebih dahhulu.

  • Kembang Loyang

Kembang Loyang ini merupakan salah satu makanan khas Aceh dengan bahan utama pembuatan Kembang Loyang adalah tepung ropi bercmpur dengan gula, telur dan sari pati santan kelapa. Kembang Loyang sering haadir dalam acara hajatan dan hari-hari besar masyarakat Aceh.

  • Lepat

Masyarakat Indonesia pasti tau makanan yang di bungkus dengan daun pisang lalu dikukus ini adalah Lepat. Lepat berisi kelapa parut pada bagian tengahnya. Banyak disajikan pada hari besar dan dapat bertahan sampai dua minggu lamanya.

  • Jadah Lemang

Makanan atau cemilan tradisional Indonesia khas Aceh ini bercita rasa gurih, terbuat dari beras ketan bercampur denga kelapa berbumbu garam. Rasa gurih yang menggiurkan sangat cocok bila dinikmati dengan rendang menjadi sajian wajib ketika hari raya idul adha.

Masih banyak lagi cemilan tradisional indonesia khas Aceh yang dapat Anda nikmati. Namun, dalam kesempatan ini 4 khas itu yang dapat kami sajikan kepada Anda semuanya semoga bermanfaat.