Manfaat mengenalkan Anak Dengan Berbagai Macam Permainan Tradisional

0
902
permainan olahraga tradisional
permainan olahraga tradisional

Gaya hidup yang semakin hedonis yang tergantung dengan berbagai macam teknologi yang ada saat ini menyebabkan lunturnya berbagai macam nilai-nilai sosial. Semua itu dikaranakan kebanyakan orang-orang khususnya yang tinggal di daerah perkotaan mulai melupakan beberapa kebiasaan yang biasanya dilakukan sebelum adanya perkembangan teknologi yang canggih dan modern seperti saat ini.

Salah satu contoh sederhananya adalah kebiasaan buah hati kita. sebelum berkembanganya teknologi seperti saat ini dengan kehadiran berbagai macam perangkat gadget yang canggih dan modern, semua anak akan menghabiskan waktu bermain mereka dengan memainkan berbagai macam permainan olahraga tradisional yang bisa dimainkan dengan teman-teman sebayanya. Ada berbagai macam permaianan tradisional yang bisa dimainkan oleh semua anak.

Beberapa permainan olahraga tradisional yang biasa dimainkan oleh semua anak yang belum dimanjakan oleh berbagai macam gadget canggih seperti saat ini adalah permainan gobak sodor, permainan tali, kelereng, bola bekel, engklek dan berbagai macam permainan terdisional lainnya. Semua permaianan tersebt tanpa kita sadari membrikan manfaat yang begitu besar. Kebanyakan permainan tradisional anak-anak zaman dahulu menuntut semua orang yang memainkannya untuk bergerak aktif dan berkonsentrasi penuh sehingga secara tidak langsung mereka telah mampu melatih tubuh mereka agar lebih kuat dan lebih sehat.

Salah satu manfaat lain yang bisa dirasakan saat memainkan berbagai macam permainan teradisional adalah hubungan sosial akan terjalin sangat baik. Berbagai macam permainan tradisional melatih kekompakan dan komunikasi yang baik antara pemainnya. Selian itu dengan seringnay bermain bersama akan terjalin rasa kepedulian yang sangat kuat antara satu dengan yang lainnya. Semua itu lambat laun sudah hilang dan bahkan tidak bisa dirasakan maupun dialami oleh buah hati kita.

Kita sebagai orang tua ada baiknya harus mampu mengenalkan mereka dengan berbagai macam permainan tradisional yang biasa dimainkan oleh anak-anak zaman dahulu. Karena selain akan mampu menjaganya dari kepunahan berbagai macam permainan tersebut akan memberikan berbagai macam manfaat yang sangat besar bagi kehidupan mereka.