Metode Grafir yang Digunakan Untuk Barang Kerajinan

0
60
grafir

Ada beberapa metode grafir yang biasa digunakan untuk membuat suatu produk kerajinan termasuk souvenir. Sebelum Anda membeli produk hasil grafir, mengetahui metode atau tekniknya terlebih dahulu akan lebih memudahkan Anda dalam memilih. Nah, berikut ini ada tiga metode grafir. Teknik ini juga sering dipakai oleh jasa grafir. Baca lebih lanjut tentang metode tersebut sebelum memutuskan untuk membeli produk kerajinan grafir!

Diamon Drag

Metode yang pertama disebut Diamon Drag yakni teknik yang menggunakan alat tidak berputar dengan ujung berlian berbentuk kerucut, yang diaplikasikan dengan tekanan melalui logam untuk mengukir. Diamond drag menciptakan kualitas ukiran yang sebanding dengan ukiran tangan. Lebar konstan dan tidak bervariasi secara mendalam. Diamond drag direkomendasikan untuk logam lunak seperti aluminium, kuningan, perak, timah dan emas. Ini sangat ideal untuk pengaplikasian grafir pada perhiasan, piala dan penghargaan.

Burnishing

Metode kedua disebut Burnishing yang menggunakan alat berputar dengan tekanan terbatas, baik karbida atau pemotong berlian dengan lebar tip yang bervariasi untuk menghilangkan lapisan atas atau lapisan material yang menghasilkan hasil akhir halus. Burnishing secara khusus digunakan saat memotong kaca. Burnishing juga salah satu metode yang diaplikasikan banyak jasa grafir.

Rotary Engraving

Metode terakhir disebut Rotary Engraving menggunakan alat pemotong bergigi tunggal atau ganda yang berputar melalui pekerjaan untuk menghilangkan material, meninggalkan palung inti yang terbuka. Dibandingkan dengan diamond drag, rotary engraving dapat menghasilkan pemotongan yang dalam lengkap dari sebuah huruf atau objek.

Ukuran ujung pemotong menentukan lebar potongan. Pada kebanyakan aplikasi, pengaturan mikrometer spindle mengontrol kedalaman potongan. Proses ini cocok untuk sebagian besar pekerjaan komersial dan industri. Tidak seperti diamond-drag, rotary engraving adalah satu-satunya alat ukiran material plastik.

Itulah beberapa teknik atau metode grafir yang biasa diaplikasikan untuk membuat barang kerajinan. Tapi, untuk saat ini teknik grafir laser lebih diunggulkan karena lebih presisi dan bisa menghasilkan banyak produk dalam waktu cepat. Anda bisa memesan produk grafir sebagai hadiah yang mengesankan untuk orang-orang tercinta di Snapy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here