Cara Mudah Menghafal Dengan Teknik Jembatan Keledai

0
375
Cara Mudah Menghafal

Cara Mudah Menghafal Menghafal adalah salah satu kemampuan yang diperlukan ketika si Kecil mulai memasuki bangku sekolah. Dalam mempermudah proses belajarnya, pada umumnya guruakan memberikan cara menghafal cepat yang mudah untuk dimengerti. Salah satu  cara menghafal cepat yang mudah dalah dengan menggunakan Jembatan Keledai atau Mnemonic.

Teknik ini bisa anda terapakan dengan membuat singkatan-singkatan pendek yang unik dan juga mudah untuk diingat. Teknik menyenangkan ini sangat bermanfaat untuk memudahkan mengingat informasi penting.Secara lebih detail berikut ini  akan dijelaskan tentang Cara Mudah Menghafal dengan teknik jembatan keledai. Penerapan dari aplikasi mnemonic atau jembatan keledai ini dilakukan dengan  menggunakan kata-kata kunci, singkatan serta rima untuk menghafalkan sesuatu.

Cara Mudah Menghafal

Berdasarkan Adolescent Literacy Organization, teknik jembatan keledai juga bisa memanfaatkan gambar serta objek lain seperti tangan yang kemudian dikenal sebagai mnemonic visual. Salah satu contoh singkatan yang paling umum digunakan adalah singkatan MeJiKuHiBiNiU.

Singkatan ini digunakan untuk mempermudah penghafalan warna-warna yang ada dalam pelangi, yakni Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu. Disamping singkatan, jembatan keledai juga dapat diaplikasikan dengan rima maupun sajak berirama. Anda bisa menerapkannya dengan cara mengajak si Keciluntuk bernyanyi. Contoh yang paling mudah adalah dengan menggunakan notasi atau tangga nada DoReMiFaSoLaSiDo.

Dengan menggunakan rima yang pas, kata-kata tersebut akan lebih mudah untuk diucapkan dan juga diingat dengan mudah oleh si Kecil.  Penggunaan teknik jembatan keledai ini bukan hanya diimanfaatkan untuk menghafal informasi penting dalam bentuk huruf. Kehadiran dari mnemonic visual juga bisa membantu si Kecil didalam menghafal sebuah huruf maupun berhitung. Mnemonic visual umumnya dikenalkan dengan bentuk gambar.

Hal ini bisa digunakan untuk membedakan siapa ayah, ibu, anak, kakak, adik, kakek dan nenek. Dengan begitu, si Kecil akan lebih mudah dalam menghafal dan juga memahaminya jika dikenalkan dalam bentuk gambar. Disamping Cara Mudah Menghafal dengan teknik jembatan keledai, ada berbagai cara yang juga bisa anda gunakan yang telah direkomendasikan oleh Nestle Indonesia.