Mengontrol Berat Badan Anak

0
24
berat badan ideal

Memiliki berat badan yang over big, ogah ah! Baik usia bayi, anak, atau pun remaja jika memiliki berat badan over big termasuk hal yang tidak sehat atau dapat disebut juga obesitas. Berat ideallah yang termasuk berat badan yang sehat. Berat badan ideal seseorang dapat diukur sehingga bunda dapat mengontrol tumbuh kembang sang buah hati. Asupan gizi anak demi mendukung tumbuh kembangnya ditentukan oleh kuantitas dan kualitas makanan.

Demi menjaga berat badan ideal anak harus mendapat makanan yang kuantitasnya sesuai dengan usia anak dan kulitasnya mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh. Namun yang menjadi permasalahan besar adalah jika anak tidak mau makan padahal dari segi kuantitas dan kualitas sudah memenuhi. Dalam hal ini bunda harus cerdas dalam mencari solusi. Solusi yang tepat untuk meningkatkan napsu makan anak yaitu dengan memberikan variasi rasa pada makanan.

Variasi rasa pada makanan akan bermanfaat untuk membentuk rasa pada lidah bayi sehingga kelak anak tidak akan selektif terhadap makanan. Awalnya cita rasa bayi belum berkembang sampai umur 4 bulan. Mulai umur 4 bulan rasa manis menjadi rasa yang favorit semua bayi. Kemudian cita rasa lidah bayi akan berkembang setelah bayi diperkenalkan makanan padat. Setelah bayi berumur 8 bulan, anak akan memilih rasa  yang cenderung sesuai dengan cita rasa lidah ibu (factor gen).

Namun cita rasa lidah anak dapat dibangun dengan memperkenalkan sebanyak mungkin jenis menu pada anak sejak dini. Tentunya akan memakan biaya besar jika bunda harus mengolah berbagai makanan untuk sang buah hati, padahal porsi yang mereka makan sedikit karena sesuai dengan usia.

Bunda tidak perlu khawatir untuk menghadapi hal tersebut karena nestle telah mempersiapkan berbagai rasa untuk makan pendamping ASI bayi, misalnya nestle cerelac apel, jeruk dan pisang, nestle cerelac susu pisang, nestle cerelac ayam dan bawang, nestle cerelac susu wortel, bayam dan labu, dan masih banyak pilihan rasa yang ditawarkan nestle.

Berat badan ideal

Jenis-jenis makanan tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga bau amis dari ikan atau ayam tidak akan tercium oleh anak. Bau amis inilah yang dapat menghilangkan selera makan anak. Berat badan ideal anak dapat dikontrol bunda dengan memberikan asupan gizi yang lengkap dengan kuantitas sesuai usia anak. Napsu makan anak dapat dibangun dengan memberikan makanan dengan berbagai rasa. Hal ini bertujuan untuk membentuk rasa pada lidah bayi sehingga kelak bayi tidak akan selektif terhadap makanan (pemakan segala).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here