Mata Kuliah Film di IDS yang Wajib Diketahui

0
85
Kuliah film
Kuliah film

IDS (International Design School) merupakan institusi pendidikan di bidang visual communication. Kuliah film adalah salah satu jurusan yang ada di tempat tersebut. Tempatnya cocok sekali untuk Anda yang ingin menekuni bidang tersebut dan terjun di bidang perfilman yang saat ini terus mengalami perkembangan.

Bagi Anda yang berencana untuk kuliah perfilman di IDS, ada banyak sekali mata kuliah yang bisa Anda pelajari. Nah, di sini, kami akan menjelaskan apa saja mata pelajaran yang bisa Anda pelajari di sana.

1.       Producing Film

Mata pelajaran pertama yang dipelajari tentu saja bagaimana cara membuat film yang baik dan benar. Di sini Anda akan mempelajari mengenai dasar-dasar pembuatan film. Baik secara audio visual hingga pra-produksi maupun dasar butama pasca produksi, semua akan dipelajari secara detail.

Anda juga akan mempelajari bagaimana dasar manajemen produksi yang baik dan benar. Serta pelaksanaan yang berkaitan dengan jadwal produksi, breakdown script, dan lainnya.

Kuliah film

2.      Belajar Screenwriting

Screenwriting adalah mata kuliah wajib di fakultas perfilman. Screenwriting adalah mata pelajaran yang berkaitan dengan penulisan skenario film yang akan Anda buat. Mata pelajarannya meliputi perkenalan dan membedah teori dasar Hero’s Journeh, karakterisasi, dasar pemetaan, struktur 3 babak, dan masih banyak lainnya.

Semua dasar-dasar di atas, akan membuat Anda menjadi seorang penulis sekenario yang andal. Denga begitu, Anda akan siap memproduksi film yang tengah Anda rencanakan saat ini.

3.      Belajar Sejarah Film

Ada banyak sekali manfaat dari belajar sejarah perfilman yang bisa dipetik. Itulah kenapa, di IDS, Anda akan belajar tentang film history, baik itu film lokal maupun dunia. Di sini kamu akan belajar tentang era-era yang membentuk film dan juga industri film menjadi booming hingga saat ini.

Anda tidak hanya akan belajar jenis-jenis film modern. Bahkan, Anda akan mempelajari juga perfilman di masa pemerintahan Soekarno, Orde Baru, dan berbagai sejarah-sejarah lainnya.

4.      Mata Kuliah The Tools of Director

Mata kuliah ini pun tak kalah penting. Karena, di sini Anda akan belajar bagaimana berperan menjadi seorang sutradara film. Selain itu, Anda juga akan belajar apa saja persiapan yang harus Anda ketahui pada saat menjadi seorang sutradara.

Pada mata kuliah ini, cukup banyak pelajaran yang akan Anda dapatkan. Mulai dari pembedahan storyboard, pembuatan script breakdown, hingga mempersiapkan breakdown karakter.

5.      Belajar Cinematography

Mata pelajaran ini juga mencakup banyak hal. Mulai dari sejarah film yang terlahir dari kamera digital, peran dari seorang sinematografer itu apa, dan teori-teori yang berkaitan dengan keahlian tersebut.

Di sini Anda juga akan mempelajari dasar-dasar bagaimana cara menggunakan kamera video yang benar. Selain itu, Anda juga akan belajar membuat visual dari script.

6.      Post Production

Pada mata pelajaran ini, Anda akan belajar tentang sejarah film editing. Selain itu, juga akan mempelajari dasar-dasar dari software editing yang biasa digunakan dalam pembuatan film, seperti Adobe Premiere Pro.

Anda juga akan mempelajari banyak sekali teori-teori terkait post production yang bagus untuk keahlian Anda.

7.      Sound Production

Sound menjadi salah satu hal yang tak kalah penting dalam pembuatan film. Karena, film tidak lepas dari visual dan sound effect yang membuatnya begitu luar biasa. Di sini Anda akan belajar berbagai macam metode perekaman suara di lapangan.

Nah, itulah berbagai mata pelajaran yang nantinya bisa Anda pelajari di kuliah film IDS. Bagaimana, tertarik? Bagi yang ingin mendaftar, bisa langsung mengunjungi website idseducation.com.