Inilah Cara Membedakan Cincin Lamaran dan Cincin Pernikahan

Tahukah Anda, bahwa ternyata cincin lamaran dan cincin pernikahan itu ternyata berbeda. Jika Anda masih bingung untuk membedakannya, kami akan membantu Anda untuk mengenali perbedaan antara keduanya di sini. Karena pada dasarnya, kedua jenis cincin untuk momen tersebut mudah bedakan.

Jenis cincin keduanya bisa saja sama, karena cincin untuk lamaran dan pernikahan modelnya sangat beragam. Yang menjadi perbedaan yaitu terletak pada saat momen penyerahannya saja. Berikut kami sudah rangkum perbedaannya.

Mengenal Perbedaan Cincin Pernikahan & Lamaran

Pada dasarnya, momen penyerahan cincin untuk pernikahan dan lamaran memiliki perbedaan waktu. Berikut adalah perbedaan antara keduanya.

1.  Perbedaan Momen Kedua Cincin

Pemakaian cincin untuk lamaran dan pernikahan berbeda waktu penyerahannya. Cincin untuk lamaran diserahkan pada saat prosesi lamaran, sementara cincin untuk pernikahan adalah simbol ikatan yang cinta yang diserahkan dan disematkan setelah proses akad nikah atau mengucapkan janji pernikahan.

Perbedaan dalam momen inilah yang membuat keduanya berbeda antara satu dengan yang lain. Momen tersebut juga menjadi ciri-ciri mana cincin untuk lamaran dan mana untuk pernikahan.

2.  Perbedaan dalam Mengenakannya

Cincin untuk lamaran biasanya digunakan di jari manis, begitu juga untuk cincin pernikahan. Hanya saja yang menjadi perbedaan antara keduanya, yaitu cincin lamaran biasanya hanya satu saja yang digunakan.

Sementara pada saat momen pernikahan, seorang perempuan yang sudah sah menjadi seorang istri, bisa menumpuk cincinnya menjadi dua, artinya ditumpuk di jari manis bersama-sama dengan cincin lamaran.

3.  Perbedaan dari Aspek Sejarah

Cincin untuk lamaran dan pernikahan ternyata memiliki sejarah yang berbeda. Cincin utuk lamaran pertama kali dikenalkan pada era 1400-an oleh seorang pria dari Austria yang merupakan angkatan laut berpangkat tinggi.

Sementara itu, cincin kawin adalah sebuah cincin yang sudah ada sejak dari 5000 tahun yang lalu dari zaman mesir kuno. Artinya, tradisi cincin untuk lamaran tergolong baru dibandingkan dengan cincin pernikahan.

4.  Perbedaan dari Aspek Desain

Cincin untuk lamaran dan pernikahan umumnya bisa dibuat berbeda. Cincin untuk lamaran bisa menggunakan jenis desain yang mewah dan bermahkotakan sebuah berlian, begitu juga dengan pernikahan. Kemewahan biasanya cocok untuk cincin pada prosesi tersebut.

Sementara itu, cincin pernikahan bisa menggunakan jenis cincin simple dan juga bertabur berlian dengan ukuran yang lebih kecil.

5.  Perbedaan dari Aspek Material

Untuk material, cincin yang digunakan pada prosesi lamaran biasanya menggunakan nuansa white gold atau emas putih. Terutama jika memilih jenis cincin yang terlihat simpel namun tetap ingin terlihat elegan dan anggun.

Sedangkan untuk cincin pernikahan, biasanya menggunakan white gold, rose gold atau bahkan perpaduan antara keduanya. Selain emas, ada juga material lain yang digunakan seperti palladium.

Cincin Lamaran Terbaru dari THE PALACE Jeweler

Sedang mencari cincin untuk lamaran maupun pernikahan? Temukan koleksi terbaru dan berkualitas hanya di THE PALACE Jeweler. Di sini Anda bisa mendapatkan banyak sekali pilihan model cincin untuk lamaran yang menawan.

Butik perhiasan ini berada di bawah naungan Central Mega Kencana (CMK) yang kredibilitasnya sudah tidak perlu diragukan kembali

Ada beberapa seri cincin yang terdiri dari 12 pasang cincin bernuansa rose gold maupun white gold yang bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Semua cincinnya bahkan sudah bermahkotakan berlian. Cincin lamaran di butik perhiasan ini juga sudah terjamin kualitasnya karena menggunakan emas dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang memiliki kadar karat tinggi, yaitu 18 karat. Tertarik untuk memilikinya?