Cara Membedakan Gelang Emas Wanita Asli dan Palsu

Gelang emas menjadi perhiasan yang begitu disukai oleh wanita. Selain bisa membuat penampilan terlihat menawan, gelang emas wanita juga bisa dijadikan sebagai investasi. Anda bisa mengoleksinya kemudian menjualnya ketika membutuhkan uang. Namun hal terpenting saat membeli gelang emas yaitu memastikan bahwa gelang tersebut asli. 

Jika Anda tidak bisa membedakan gelang asli dan palsu, maka Anda bisa saja tertipu dengan barang palsu. Berikut ini diberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keaslian gelang emas:

Memperhatikan Fisik dan Warnanya

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan fisik dari gelang yang dibeli. Warna gelang emas asli jika diperhatikan dengan baik sangat berbeda dengan gelang emas palsu. Gelang emas asli memiliki warna kuning mengkilap, sedangkan gelang palsu lebih gelap dan kusam. 

Selain itu, pada gelang asli juga ada tanda berupa cap yang menjelaskan besar kadar emas seperti 10k, 18k, dan lain sebagainya. Ada juga yang menggunakan satuan fitness yaitu 0.1-0.999 atau 1-999.

Mengetuk dengan Logam Lain 

Selain warna, suara atau bunyi yang dihasilkan oleh gelang emas asli berbeda dengan gelang emas palsu. Untuk mengujinya, Anda bisa mengetuk gelang emas yang dibeli dengan logam lainnya. 

Apabila diketuk dengan koin atau logam lain, gelang emas wanita asli menghasilkan dentingan yang panjang dan tinggi. Sedangkan gelang emas palsu hanya menghasilkan suara yang pendek.

Menggunakan Magnet

Emas merupakan logam yang bersifat non magnetis. Artinya logam ini tidak akan bereaksi apapun apabila didekatkan dengan magnet. Cobalah mencari magnet kemudian didekatkan pada gelang emas Anda. Lihat reaksinya apakah mendekat ke magnet atau hanya diam saja. Meskipun begitu, ada beberapa logam non magnetis yang juga bisa digunakan sebagai material emas palsu.

Menggunakan Aplikasi CertiEye

Di era teknologi seperti sekarang ini, kecanggihan teknologi bisa membantu Anda menentukan gelang emas asli dan palsu. Salah satu aplikasi yang bisa coba Anda gunakan adalah aplikasi CertiEye. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengecek emas batangan. Namun coba saja untuk mengecek gelang emas menggunakannya. Anda bisa mengunduh melalui layanan Google Play Store. 

Mengecek Kepadatan Emas

Jika gelang yang Anda beli tidak menggunakan berlian, Anda bisa mengecek kepadatannya. Caranya yaitu dengan memasukkan gelang emas ke dalam air di dalam gelas takar. Lihat apakah ada perubahan volume. Setelah itu, hitung kepadatan dengan rumus massa dibagi volume. Apabila hasilnya mendekati 19 gram per milimeter, kemungkinan besar gelang yang Anda beli asli.

Mengecek Sertifikat

Cara paling mudah untuk mengetahui keaslian gelang emas yaitu dengan melihat sertifikatnya. Pastikan membeli gelang emas yang memiliki sertifikat. Pasalnya sertifikat tersebut sebagai jaminan bahwa gelang yang Anda beli asli. Di dalam sertifikat juga ada spesifikasi emas.

Jangan lupa mengecek keaslian sertifikat dengan cara meletakkannya di bawah sinar ultraviolet. Sertifikat asli akan memunculkan garis warna-warni dan watermark perusahaan yang mengeluarkan sertifikat tersebut. Sedangkan sertifikat palsu biasanya tidak memunculkan apapun. Hanya kertas biasa tanpa watermark atau garis warna-warni.

Itulah cara membedakan gelang emas wanita asli dengan palsu. Selain dengan melakukan pengujian di atas, Anda juga harus membeli gelang emas di tempat terpercaya yang menjamin bahwa gelangnya asli. The Palace Jeweler merupakan brand perhiasan emas ternama yang bisa dijadikan pilihan. Keaslian emas dan berlian yang digunakan terjamin karena ada sertifikatnya. Apalagi model gelang yang dijual sangat beragam sehingga bisa disesuaikan selera. Tertarik dengan koleksi The Palace Jeweler? Kunjungi website resminya yaitu www.thepalacejeweler.com