Penyebab Melemahnya Perkembangan Industri di Indonesia

0
88

Menjadi negara yang berkembang, tidak heran jika terdapat berbagai masalah masalah dalam proses perkembangan negaranya. Khususnya, masih banyak berbagai masalah dalam proses pengembangan industri di Indonesia yang harus diselesaikan dan juga dicari titik permasalahannya. Sebab industri di Indonesia sangatlah menjadi pegangan utama bagi negara Indonesia dalam memajukan perekonomian negara dan juga memajukan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu dikarenakan industri di Indonesia saat ini sudah sangat menjanjikan bagi kesejahteraan negara. Hal ini dibuktikan dengan adanya perkembangan dan juga pembangunan industri industri baru yang membuktikan bahwa industri di Indonesia sangatlah menjanjikan.

pengembangan industri di indonesia
pengembangan industri di indonesia

Maka dari itu, perlu adanya evaluasi-evaluasi dalam proses perkembangan industri di Indonesia. Hal tersebut dimaksudkan agar Indonesia mampu bersaing dengan negara pesaing.

Faktor yang menyebabkan melemahnya perkembangan industri di Indonesia

Sebagai negara berkembang Indonesia tentunya masih memiliki berbagai macam masalah dalam proses berkembangnya negara. Salah satunya yaitu dalam perkembangan industri yang ada di Indonesia. Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi lemahnya perkembangan industri di Indonesia. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan lemahnya perindustrian di Indonesia :

  • SDM yang kurang memadai

Sebagai negara yang memiliki penduduk cukup banyak, tentu sebenarnya tak perlu menjadi masalah dalam perkembangan industri. Namun sangat disayangkan bahwa SDM di Indonesia sangatlah masih dalam kategori rendah. Hal itu karena kurangnya pelatihan-pelatihan ataupun kesadaran dari masyarakat sendiri terkait dengan perkembangan negara Indonesia.

  • Lemahnya perekonomian Indonesia

Hal lain yang menjadi faktor melemahnya perkembangan industri di Indonesia yaitu dengan lemahnya perekonomian Indonesia. Dari hal tersebut otomatis industri di Indonesia akan sulit dalam perkembang. Sebab, untuk mendapatkan modal yang dapat digunakan dalam proses mengembangkan industri tidak ada. Hal tersebut menjadi permasalahan  utama dalam perkembangan industri di Indonesia.

  • Melemahnya permintaan dari konsumen

Salah satu hal yang menjadi faktor melemahnya pengembangan industri di Indonesia yaitu karena melemahnya permintaan dari konsumen. Dengan melemahnya permintaan dari konsumen tersebutlah menyebabkan industri di Indonesia berhenti di situ saja dan sulit untuk berkembang.

  • Kualitas barang industri di Indonesia yang kurang memuaskan

Hal lain yang menjadi faktor melemahnya perkembangan industri di Indonesia yaitu kurangnya kualitas barang yang dihasilkan oleh industri di Indonesia. Hal tersebutlah juga yang menjadi salah satu faktor penyebab melemahnya permintaan dari konsumen. Sehingga tak heran jika perkembangan industri di Indonesia menjadi melemah.

Sebab dengan tidak adanya permintaan dari konsumen atau melemahnya permintaan dari konsumen menyebabkan pendapatan perekonomian Indonesia maupun perekonomian industri di Indonesia menjadi melemah.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan lemahnya pengembangan industri di Indonesia. Tentunya hal tersebut sangatlah menjadi perhatian bagi negara agar dapat mampu mengatasi masalah-masalah tersebut terkait dengan perkembangan industri di Indonesia.