Cara Memilih Perhiasan Berlian Asli yang Tepat

Cara Memilih Perhiasan Berlian Asli yang Tepat

Perempuan mana yang tidak terpukau kala melihat berlian? Terbentuk dari kandungan karbon, berlian merupakan mineral batu yang terkuat. Berlian tidak bisa pecah atau tergores, kecuali oleh berlian lainnya. Selain itu, bentuk dan berat tiap-tiap berlian pasti selalu berbeda-beda, sehingga harganya pun beragam.

Bahkan, beberapa negara memiliki jenis potongan berlian yang khas. Sebagai seorang pecinta berlian dari usia muda, Raisha Syarfuan bahkan sempat mengambil sertifikasi Gemological Institute of America (GIA) di New York untuk mempelajari seluk beluknya. Kali ini, ia siap berbagi tips cara memilih perhiasan berlian asli untuk pemula yang bermaksud memilih berlian dengan tepat.

perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli
  • Berlian untuk investasi

Bentuk perhiasan berlian asli itu beda-beda, ada yang round brilliant, princess, oval, emerald, dan lain-lain. Untuk bentuk round ini, berlian cocok dijadikan perhiasan apapun. Bentuk bulat tersebut terkesan klasik sehingga hal ini menjadi salah satu kelebihannya jika Anda membeli berlian untuk keperluan investasi. Jika round brilliant diamond akan lebih mudah dijual kembali karena merupakan yang paling banyak dicari dan paling laris.

  • Cara membedakan asli dan palsu

Tak seperti kebanyakan orang, kami terlatih untuk membedakan berlian secara kasat mata. Karena berlian terbentuk dari karbon, cahaya yang terpantul oleh berlian hanya akan satu cahaya saja, entah putih atau abu-abu. Jika warna yang dipantulkan warna-warni, maka bisa jadi berlian tersebut palsu. Selain itu, Berlian selalu memancarkan cahaya, maka Anda tidak dapat melihat objek yang ada di belakang berlian.

  • Tak perlu perawatan mahal

Satu hal yang mengejutkan ialah fakta bahwa berlian tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan. Namun, perlu diingat untuk tidak meletakkan banyak berlian di dalam satu wadah, karena berlian dapat tergores atau rusak. Bahkan, memegang berlian dengan tangan pun bisa mengakibatkan berlian menjadi buram.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan cairan khusus yang dijual di toko berlian. Sebagai alternatif, Anda juga bisa merendamnya dalam air hangat yang bercampur sabun. Setelah itu, sikat sedikit menggunakan sikat gigi. Lalu, setelah mengetahui semua itu, berapa sih yang harus dihabiskan untuk membeli sebuah perhiasan berlian asli yang sempurna? Itu semua tergantung selera dan pasar, tapi tentunya bisa jadi bahan diskusi yang menarik berikutnya.