4 Perbedaan Jenis Oli synthetic Yang Wajib Anda Ketahui

Oli synthetic
Oli synthetic

Oli synthetic memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan. Begitu pun juga memiliki banyak perbedaan dengan oli yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, inilah berbagai macam perbedaan dengan oli mineral, oli semi sintetik, full sintetik dan full sintetik ester.

Berikut jenis-jenis oli synthetic :

  1. Oli Mineral ,Oli mineral adalah oli yang terbuat dari base oil yang diambil dari minyak bumi.Oli ini diolah dan disempurnakan dan ditambah dengan zat–zat aditif lainnya. Berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya dalam kendaraan misalnya. Terdapat berbagai keunggulan dari oli mineral yaitu ketika piston dan blok piston keadaan baru. Karena struktur molekul oli mineral yang tidak rata dapat mengakibatkan komponen saling mengikis satu dan lainnya. Hal ini bisa membuat mesin baru yang bisa bertaut dengan pas dan beradaptasi dengan mekanismenya.

    Oli synthetic
    Oli synthetic
  2. Oli Semi Sintetik, perbedaan Oli Synthetic dengan Oli semi sintetik atau synthetic blend oil adalah campurannya. Oli ini memiliki campuran oli mineral (minyak bumi) dengan oli sintetik. Oli jenis ini termasuk dalam base oil group 3 yang bagus. Yaitu  yang merupakan mineral base oil terbaik dan sering disebut sebagai semi-synthetic. Karena di dalamnya ada sedikit penambahan base oil synthetic untuk menguatkan beberapa karakteristik dari mineral base oil.

  3. Oli Full Sintetik, Oli sintetik ini biasanya terdiri atas polyalphaolifins yang merupakan hasil terbersih dari pemilihan oli mineral. Lalu kemudian dicampur dengan oli mineral secara merata. Sehingga  oli sintetik tidak mengandung bahan karbon reaktif yang menyebabkan tidak bagus untuk oli dapat menghasilkan acid atau asam, Sintetik base oil ini juga termasuk dalam base oil group 4 , yang base oil ini didapat dari hasil proses kimiawi yang padat. Hal ini dapat menghasilkan base oil yang bebas dari sulfur, oksigen, logam-logam berat dan sebagainya.

  4. Oli Full Sintetik Ester Yang terakhir yaitu oli full sintetik ester yang termasuk dalam base Oil Group 5 yang merupakan base oil tingkat tertinggi. Terdapat keunggulan kandungan ester ini memiliki 0% shear loss atau memiliki tingkat keausan 0%. Sehingga, di mesin mendapat manfaat dari oli yang mengandung ester, akan memiliki tingkat keausan yang minim. Dan juga akan life time yang jauh lebih lama dan peningkatan performa yang bagus.

 

Nah, itulah dia 4 jenis Oli synthetic yang dibedakan sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang anda miliki di rumah, tetap rawat dan jaga kendaraan anda agar tetap bisa digunakan secara maksimal.