Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Ke Bidan Atau Dokter Dalam Menjaga Kehamilan

0
57
cara menjaga kehamilan
cara menjaga kehamilan

Secara umum, setiap wanita yang memasuki awal kehamilan akan merasakan tanda dan gejala kehamilan yang sering kali mengganggu aktivitas dan membuat perasaan kurang nyaman. Adapun gejala kehamilan yang sering kali dikeluhkan diantaranya, kepala terasa pusing, mual hingga muntah, badan terasa lemas, timbulnya keinginan di luar kebiasaan seperti ingin membeli atau memakan sesuatu, kemudian ibu hamil lebih sensitif terhadap bau bahkan bau nasi, serta hal lainnya.

Semua keluhan yang telah disebutkan atau yang terjadi di luar hal tersebut, mau tidak mau ibu hamil harus mampu beradaptasi dan mengatasinya. Karena setelah trimester pertama terlewati, keluhan-keluhan akan hilang dengan sendirinya. Namun meski demikian, penting bagi para ibu hamil untuk tetap melakukan berbagai cara menjaga kehamilan pada trimester pertama.

Adapun bebrapa caranya yakni dengan memperhatikan berbagai jenis makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi, menghindari kebiasaan buruk seperti minum alkohol atau merokok, dan tak kalah pentingnya yakni melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke bidan ataupun dokter kandungan yang profesional. Mengapa pemeriksaan kehamilan penting dilakukan? Berikut beberapa alasannya.

  • Pertama, ibu hamil akan memperoleh data kesehatan dirinya maupun sang janin dengan cukup jelas. Sehingga kemudian mengetahui hal apa saja yang baik dan buruk baik dari segi makanan, kebiasaan, dan hal lainnya.
  • Kedua, apabila terdapat beberapa keluhan yang tidak lagi dapat diatasi oleh diri sendiri, secara cepat dan tepat dapat segera ditangani dengan bantuan medis. Misalnya, ibu hamil mengalami mual dan muntah secara berlebihan atau cukup parah, setidaknya ibu hamil akan  mendapatkan resep obat dari dokter yang dapat membantu menangani keluhan tersebut.
  • Ketiga, ibu hamil akan mengetahui perkembangan sang janin. Sehingga sang ibu akan berupaya lebih keras lagi untuk memberikan segala yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan janinnya.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, selain dari melakukan pemeriksaan, ibu hamil tetap harus melakukan berbagai cara menjaga kehamilan lainnya. Agar kesehatan janin dan ibu hamil tetap terjaga dengan baik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here