Beberapa Penyebab Gatal di Kulit Kepala

0
63
Kulit kepala gatal

Memiliki rambut yang bagus dan cantik merupakan keinginan setiap orang terutama para wanita. Namun berbagai masalah kerap saja datang salah satunya kulit kepala gatal. Hal ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas kita juga penampilan kita. Untuk itu kita perlu mengatasinya dengan melakukan perawatan dan memakai shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda.

Namun Sebelum itu, anda harus mengetahui penyebab rasa gatal yang menyerang kulit kepala ini agar tepat dalam menanganinya nanti , diantaranya:

  1. Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang menyebabkan gatal di kulit kepala. Hal ini sudah umum terjadi bagi orang yang tinggal di daerah tropis. Karena cuaca di daerah tropis cenderung panas sehingga mudah sekali ketombe muncul di kulit kepala. Ketombe ini muncul akibat jamur dan minyak yang berlebih di kulit kepala. Sehingga memicu banyaknya sel-sel kulit mati yang akhirnya terkelupas dan menjadi ketombe.

2. Kutu rambut

Kutu rambut sejenis hewan yang berkembang biak di kepala kita. Keberadaan hewan kecil yang satu ini tentu sangat mengganggu karena menimbulkan gatal yang sangat di kulit kepala. Hewan ini memperoleh makanannya dengan cara menghisap darah di kulit kepala kita. Hal inilah yang membuat kulit kepala kita menjadi gatal. Masalah ini menyerang orang baik anak maupun dewasa.

3. Produksi minyak berlebih

Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih akan menimbulkan rasa lengket, tidak nyaman dan gatal-gatal. Selain itu kulit kepala berminyak akan rentan terkena debu dan kotoran. Jika tidak dibersihkan dengan benar kotoran ini akan menimbulkan rasa gatal di kulit kepala anda. Selain terpapar sinar matahari, produksi minyak berlebih bisa diakibatkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, santan dan lain sebagainya.

4. Psoriasis

Psoriasis terjadi dimana sel kulit di kepala tumbuh terlalu cepat sehingga terus menumpuk dan membentuk bercak-bercak dan berwarna kemerahan. Psoriasis termasuk gangguan yang kronis yang tidak hanya menyerang kulit kepala saja, tetapi juga menyerang anggota tubuh lain seperti lutut, siku dan lain-lain.

Itulah beberapa faktor penyebab timbulnya kulit kepala gatal. Semoga bisa bermanfaat bagi anda untuk selalu menjaga dan merawat keindahan rambut anda. Untuk itu pilihlah shampo nomor satu di Indonesia seperti Clear yang sudah terjamin kualitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here