Tips Membuat Bolu Kukus Agar Berkembang

0
43

Menyantap kudapan lezat bersama keluarga di sore hari adalah hal yang menyenangkan dan akan menambah suasana keakraban diantara sesama anggota keluarga tercinta. Saat ini, banyak terdapat resep kue kukus yang lezat dan bisa Anda pilih sebagai kudapan sehat untuk menemani kebersamaan Anda. Selain dapat dibuat dengan mudah dan cepat, aneka makanan yang diolah dengan proses pengukusan ini juga memiliki nilai gizi yang lebih tinggi karena proses pematangan melalui uap air ini berjalan secara bertahap sehingga tidak akan mengurangi nilai nutrisi yang terkandung didalamnya.

Dalam membuat kudapan seperti bolu kukus, terkadang Anda menjumpai masalah seperti hasil bolu kukus yang tidak mengembang dengan sempurna. Sehingga, tekstur dan rasa dari bolu kukus yang Anda buat menjadi kurang lezat dan tampilannya menjadi kurang sempurna. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat resep bolu kukus agar berkembang sempurna sesuai dengan yang diharapkan :

  • Kocok telur dan gula terlebih dahulu hingga lembut (membentuk busa) dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi.
  • Masukkan blueband untuk menambah kelezatan dan tekstur yang lebih lembut pada hasil bolu kukus Anda.
  • Kemudian, masukan tepung kedalam adonan secara bertahap, agar tercampur dengan rata.
  • Bagi Anda yang ingin menambahkan baking soda, maka gunakanlah pengembang bolu kukus yang masih baru (belum pernah dibuka dan belum pernah berada dalam lemari pendingin).
  • Gunakan cetakan bolu yang berlubang, agar uap dapat masuk secara merata pada bolu.
  • Masukkan adonan kedalam dandang (alat pengukus) setelah air didalamnya mendidih, agar proses pematangan berjalan dengan sempurna..
  • Agar air yang menempel pada tutup alat pengukus tidak menetes kedalam adonan bolu, maka lapisi tutup dandang (alat pengukus) dengan menggunakan kain bersih agar tidak mempengaruhi hasil adonan.
  • Jangan membuka kukusan hingga waktu yang ditentukan agar tidak mempengaruhi proses pengembangan pada bolu kukus yang Anda buat. Untuk itu, Anda perlu mengatur takaran air sebelum melakukan proses pengukusan agar air tidak habis sebelum adonan bolu matang.
  • Untuk menghasilkan bentuk bolu kukus yang cantik, pilih wadah kertas yang sesuai dengan tinggi cetakan. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek.

Itulah beberapa tips dalam membuat bolu kukus agar mengembang dengan sempurna. Dengan menambahkan blueband sebagai bahan pelengkap dalam olahan makanan Anda, dapat menambah nilai gizi dan citarasa kelezatannya , termasuk resep kue kukus yang Anda buat untuk keluarga tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here