Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

0
23
cara mengatasi anak susah makan

Makan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk melangsungkan kehidupan. Di mana dengan makanan yang masuk ke dalam mulut dan kemudian dicerna dengan sistem pencernaan, dapat membantu proses metabolisme serta menjaga setiap organ tubuh untuk berfungsi sesuai dengan fungsinya secara maksimal. Makanan yang seharusnya kita konsumsi, tentu adalah makanan yang mengandung sumber gizi dan nutrisi yang lengkap.

Mulai dari hadirnya protein, vitamin, mineral, kalsium, kalium, dan lain sebagainya. Dari setiap gizi yang terkandung dalam makanan, tubuh kita ternyata membututhkan berbagai jenis gizi tersebut sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karenanya, kebutuhan gizi harian antara satu dengan yang lainnya besar kemungkinan berbeda. Pemberian asupan makanan yang sehat dan bergizi alangkah baiknya diutamakan kepada anak-anak, karena mereka tengah mengalami proses tumbuh kembang. Namun apabila si kecil sulit makan, segeralah terapkan cara mengatasi anak susah makan yang banyak dianjurkan.

Adapun beberapa cara mengatasi anak susah makan yang dapat anda lakukan di rumah diantaranya sebagai berikut:

  1. Sajikan makanan yang berkualitas dan sebagai sumber energi bagi tubuh si kecil, dengan cara penyajian yang menarik. Karena pada masa anak-anak, mereka lebih suka sesuatu yang berbeda dan nampak kreatif. Anda dapat membuatkan sarapan dan dibentuk menyerupai karakter kartun kesukaannya, atau semacamnya.
  2. Ajaklah anak berbicang terlebih dahulu, dengan kata lain rayu mereka agar mau makan. Dengan rayuan yang baik, misalnya dengan pemberian hadiah maka anak biasanya mulai luluh dan ia mau makan.
  3. Sajikan menu makan sehat bergizi bagi si kecil dengan banyak variasi, dan berbeda setiap waktunya. Karena biasanya anak-anak mudah bosan terhadap satu hal, dan ia haus akan hal baru.
  4. Ajaklah anak makan ditempat yang menyenangkan, misalnya taman atau tempat lain yang ia sukai namun tetap aman dan memungkinkan untuk menyantap makanan.
  5. Secara tidak langsung, ajarkan anak untuk makan dengan cara yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here