Cara Mengajari Anak Menulis dengan Penggunaan Media

0
63
Cara mengajari anak menulis
Cara mengajari anak menulis

Menulis adalah suatu keterampilan yang harus dimiliki olah setiap anak. Dengan menulis anak dapat melaksanakan aktivitas pelajaranya di sekolah dengan baik. Kapan waktu yang tepat untuk memulai mengajari anak untuk menulis? Ada paradigma anak yang dapat menulis sejak usia dini merupakan anak yang pintar.

Namun tahukah bunda menulis merupakan keterampilan yang berkaitan erat dengan sistem motorik halus anak sehingga kita tidak boleh terlalu memaksakan belajar menulis kepada anak degan Cara mengajari anak menulis hampir setiap hari dengan target tertentu sehingga anak menjadi tertekan, kemampuan ini akan berkembang dengan sendirinya seiring dengan waktu. Tugas kita adalah memfasilitasi anak atau membimbing anak agar tulisannya menjadi lebih baik dan teratur.

Cara mengajari anak menulis dapat dilakukan dengan beberapa media yang sebenarnya ada di sekitar anak, tidak harus dalam sarana formal dan kaku. Berikut adalah beberapa media yang dapat digunakan untuk mengajari anak menulis :

  1. Menggunakan plastisin. Plastisin adalah salah satu mainan yang sangat di senangi oleh anak, plastisin dapat dibuat menjadi berbagai bentuk, arahakanlah anak untuk membuat huruf atau angka dengan menggunakan plastisin tersebut, untuk mempermudah akan, berilah contoh huruf dan angka yang ingin dibuat oleh anak.
  2. Menggunakan krayon, crayon adalah alat tulis yang memiliki tekstur lunak sehingga tidak memerlukan banyak tenanga untuk menggunakannya, hal ini sangat cocok untuk anak karena sistem motoriknya yang belum sempurna sehingga akan lebih mudah jika menggunakan krayon. Selain dari itu krayon juga memiliki warna yang beragam sehingga dapat menarik perhatian anak.
  3. Menggunakan media elektronik, saat ini gadget dapat juga digunakan untuk mengajari anak menulis, anda dapat mendownload beberapa aplikasi yang ada di play store untuk melatih menulis. Aplikasi tersebut sangat edukatif dan menarik, untuk menstimulus anak agar mau memulai menulis cara ini dapat diterapkan.

Itulah beberapa media yang dapat digunakan sebagai cara mengajari anak menulis, sehingga lebih menarik dan lebih variatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here