PENYEBAB ANAK SUSAH TIDUR DAN CARA MENGATASINYA

0
29
PENYEBAB ANAK SUSAH TIDUR DAN CARA MENGATASINYA
PENYEBAB ANAK SUSAH TIDUR DAN CARA MENGATASINYA

Mengasuh anak setiap hari mungkin sudah menjadi rutinitas ibu sebagai orangtua, namun dalam hal ini menjaga dan mengasuh anak perlu konsentrasi dan tersedianya waktu luang ibu untuk istirahat, jika keseharian ibu dalam mengasuh terus saja memerhatikan anak yang sedang bermain, atau di asuh, ya biasanya agak membuat ibu sedikit kerepotan dan kelelahan sehingga membutuhkan istirahat yang cukup di kala siang hari. Sebagian ibu yang sudah rutin dalam menjaga kebugaran tubuh si kecil biasanya dimulai dengan menidurkan anak dengan metode “kelon” atau menidurkannya secara pelan – pelan. Karena selain membuat ibu mendapatkan kesempatan untuk beristirahat, manfaat tidur siang bagi si kecil pun sangat baik bagi pertumbuhannya. Berikut penyebab anak susaah tidur dan cara mengatasinya.

1. Anak yang susah tidur biasnya ditandai dari berbagai akibat, misalnya, anak yang sedang mengalami pertumbuhan atau menemukan dunia barunya tetapi belum dapat mengenali waktu, serta belum mengatahui kapan waktunya tidur, makan, mandi dll. nah dalam hal ini peran orangtua sangat penting dengan melakukan pengenalan dan percakapan bersama anak untuk menjelaskan manfaat-manfaat apa yang akan anak dapatkan ketika mau tidur siang serta memberiktahukan waktu tidur yang tepat itu kapan. Selain itu mengatasi anak yang susah tidur bisa dengan metode membuat anak lelah dengan mengajaknya bermain paling tidak 30 menit sebelum jam tidur siang anak. Kemudian setelah itu, anda dapat mengakhiri aktivitas tersebut dengan melakukan hal-hal yang membuatnya tenang seperti membacakan dongeng maupun mendengarkan lagu-lagu pengantar tidur anak di kamarnya.

2. Durasi Tidur Siang

Penyebab anak enggan tidur siang hari adalah adanya beberapa faktor yang membuat anak semakin susah untuk tidur siang misalnya anak yang sudah masuk sekolah dengan rutinitas padat, seperti bermain, atau mempunyai kegiatan tertentu di sekolahnya. Nah jika anak yang sudah berada di prasekolah maka anda sebagai orang tua tetap bisa mengatur dan menjadwalkan jam tidur siang untuk anak dengan durasi tidur maksimal dua jam. Durasi tidur siang yang tidak terlalu lama ini bermanfaat untuk mencegah anak menjadi susah tidur ketika malam hari akibat manfaat tidur siang.

3. Berikan ia nutisi lengkap dari dancow

Biasanya anak yang susah tidur karena merasa lapar atau kekurangan gizi dan nutrisi, untuk itu dalam masa pertumbuhannya, agar ia bisa seimbang dalam megatur aktivitas dan waktu istirahatnya, berikan ia susu dancow sebagai susu yang akan membantu dalam proses belajar anak, pertumbuhan anak dan perkembangan otaknya serta dapat membantu anak mempunyai kecukupan waktunya untuk beristirahat dari manfaat tidur siang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here