Keuntungan Deposito : Bunga Deposito Dan Keamanan Jangka Panjang

0
34
bunga deposito
bunga deposito

Hampir semua orang memiliki tabungan, dan biasanya tersimpan dalam tabungan bank. Uang tersebut disimpan dengan berbagai tujuan. Namun sayang banyak belum tahu tentang deposito. Serta bunga deposito yang akan didapatkan sebagai salah satu keuntungannya.

Tabungan pada bank lazimnya bertujuan untuk biaya sekolah anak, mengatur keuangan, atau membayar cicilan. Untuk tabungan atau perencanaan keuangan jangka panjang, ada produk bank bernama deposito berjangka. Deposito berjangka ini adalah jenis investasi yang berlaku dalam waktu cukup lama. Waktu penyimpanan disepakati semenjak setoran awal.

Deposito berjangka bisa berjalan dalam waktu 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun. Uang yang masuk tidak bisa diambil kecuali telah jatuh tempo. Bila diambil sebelum temponya, akan ada pinalti yang ditanggung oleh nasabah. Besaran pinalti tergantung dari perjanjian awal antara nasabah dan pihak bank Sinar Mas. 

bunga deposito
bunga deposito

Bunga Deposito Dan Manfaat Lain

Deposito berjangka dapat diperpanjang secara otomatis dalam waktu yang sama. Investasi dalam bentuk ini sangat digemari karena memiliki banyak keuntungan. Pada prinsipnya uang akan berputar dengan sendiri untuk menghasilkan keuntungan dalam bentuk bunga deposito. Manfaat lain bisa Anda lihat di bawah ini.

Uang Tersimpan Aman

Tabungan yang telah disetor akan lebih aman dibanding tabungan biasa. Bila berbentuk rekening biasa, nasabah kemungkinan akan tergoda untuk mengambilnya. Sehingga tujuan semula ketika membuat tabungan tidak tercapai, sebab tabungan terus menerus diambil untuk keperluan lain.

Bila dalam deposito, nasabah tidak bisa mengambilnya sesuka hati. Memang bisa ditarik jika terpaksa, tetapi harus menerima kerugian. Yakni tidak mendapat suku bunga dan kena pinalti.

Investasi Paling Mudah

Ada banyak cara untuk menginvestasikan uang Anda. Namun hanya deposito berjangka yang memberikan kemudahan serta keuntungan. Semakin besar uang yang disetorkan, semakin banyak suku bunga yang didapat oleh nasabah. Bunga yang ditawarkan oleh bank juga lebih dari bunga pada produk lain.

Investasi Paling Aman

Tingkat kerugian yang terjadi pada deposito berjangka sangat kecil kemungkinannya. Berbeda dengan obligasi atau pasar saham. Harga saham bisa anjlok sewaktu-waktu dan mengakibatkan kerugian besar. Lain hal dengan deposito yang tidak terpengaruh dengan keadaan pasar yang berubah-ubah.

Suku Bunga Besar

Suku bunga yang diberikan pada deposito jauh lebih besar dibanding produk perbankan lain. Besar bunga berkisar diangka 3 sampai 7%. Anda bisa meraih keuntungan dari bunga tersebut. Uang Anda pun tetap tersimpan utuh dengan aman di bank.

Bebas Administrasi

Salah satu keuntungan lain adalah bebas dari beban administrasi yang biasa dibebankan pada tabungan. Pada tabungan biasanya ada potongan administrasi pada tiap bulan. Sedang deposito berjangka, tidak dikenakan biaya tambahan apapun.

Jaminan

Selain sebagai pilihan investasi terbaik, bisa pula menjadi jaminan bila ingin mengajukan kredit. Jadi jika harus mengajukan pinjaman atau kredit, deposito bisa dijadikan jaminan. Bank juga akan lebih mudah menyetujui permintaan kredit yang diajukan oleh nasabah tersebut.

Asuransi

Nasabah yang berniat membuat deposito, selalu diberi asuransi sebagai bagian dari pelayanan bank. Asuransi bisa dipilih sesuai keperluan nasabah. Mulai dari asuransi kesehatan, pendidikan sampai asuransi jiwa. Anda bisa menggunakan asuransi sebagai perlindungan tambahan bagi Anda dan keluarga. Jadi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, masih ada asuransi yang siap melindungi.