Yuk, Simak 5 Tips Penting Merawat Cincin Berlian Agar Tahan Lama!

cincin berlian
cincin berlian

Perhiasan adalah benda berharga yang diidamkan semua orang, tak terkecuali berlian. Berlian sudah menjadi primadona di berbagai kalangan, berlian solitaire sudah sangat sering digunakan untuk membuat cincin tunangan atau cincin pernikahan. Berlian juga sama seperti benda lainnya yang bisa kotor atau berdebu, tentu saja kita tidak ingin terjadi hal buruk pada berlian yang kita miliki. Selain harga yang dibandrol lumayan menengah keatas, desain yang dimiliki cincin berlian sangat bagus dan unik.

Lalu, apa yang bisa dilakukan? Anda bisa mulai dengan merawatnya. Yuk, simak tips merawat cincin berlian terbaru agar tahan lama.

Berhati-hati Ketika Menggunakannya

Bagi Anda yang memiliki perhiasan berlian, mulailah untuk aware dimulai untuk tidak menggunakan perhiasaan saat melakukan aktivitas yang berat. Gesekan yang diakibatkan benda atau logam lain bisa membuat kualitas berlian menjadi berkurang. Tentu saja Anda tidak ingin merusak nilai yang ada pada berlian tersebut.

Lihat Situasi dan Kesempatan

Melihat kondisi atau situasi apa yang sedang Anda lakukan. Jangan membawa atau menggunakan cincin berlian saat mandi atau mencuci, karena molekul sabun atau shampo akan tertinggal di permukaan berlian. Jika hal itu terjadi akan memudarkan kilau berlian Anda.

Saat berenang juga, Anda disarankan untuk melepas berlian yang Anda kenakan karena air kolam renang mengandung klorin. Kandungan klorin pada air kolam renang akan bereaksi dengan emas yang menyanggah berlian, jika emas terkena klorin akan menjadi lunak. Tentu saja hal itu akan membuat rongga pada penyangga berlian, resiko kehilangan berlian semakin besar. Tentu saja Anda tidak ingin merusak ataupun kehilangan berlian kesayangan Anda.

Jangan Sering Terpapar Bahan Kimia

Maksud bahan kimia disini bukan hanya sabun, shampo, ataupun obat yang berada di dalam kolam renang. Jangan terpapar bahan kimia disini adalah seperti parfum,lotion, skincare, ataupun makeup. Ketika Anda ingin menyemprotkan parfum, menggunakan skincare atau lotion, dan merias wajah Anda dengan make up. Sebaiknya usahakan untuk tidak menggunakan perhiasan berlian Anda. Hal ini untuk mengurangi resiko berlian terkena penumpukan residu pada berlian Anda yang akan membuat berlian kusam bahkan rusak.

Perhatikan Tempat Penyimpanannya

Sebagai pecinta berlian Anda harus memperhatikan tempat penyimpanan berlian, selain aman tempat tersebut juga harus bersih. Anda bisa menyediakan kotak untuk setiap berlian, jangan dicampur antara berlian satu dengan yang lain. Anda bisa memberikan sekat pada tiap berlian.

Pastikan kotak dan letak menaruh kotak itu adalah tempat bersih dan tidak lembab. Anda juga harus melihat kondisi kotak, pilihlah kotak yang lembut agar tidak terjadi goresan pada berlian kesayangan Anda. Anda juga bisa membeli jewellery box untuk menyimpan perhiasan berlian yang Anda miliki, hal ini juga bisa meminimalisir Anda menyimpan berlian secara sembrono atau asal tarok saja.

Bersihkan Berlian Secara Teratur

Selain menyediakan tempat penyimpanan untuk berlian, Anda juga harus merawatnya dengan cara membersihkannya baik secara mandiri maupun bantuan profesional toko perhiasan. Jika Anda ingin membersihkannya sendiri, Anda perlu siapkan beberapa hal yaitu menggunakan cairan khusus pembersih berlian yang bisa Anda dapatkan di beberapa toko perhiasan yang menyediakannya.

Anda dapat dengan sering melakukan perawatan dengan membersihkan cincin berlian agar nantinya kilau berlian tetap terlihat dengan baik dan berlian akan tetap cantik dan menawan ketika dikenakan. Untuk mendapatkan cincin model berlian terbaik, pastikan Anda untuk membelinya di Mondial Jeweler.

Nah, itulah tips merawat cincin berlian kesayangan Anda. Untuk mendapatkan berlian cantik dan berkualitas hanya ada di Mondial Jeweler toko perhiasan terpercaya idaman Anda.