Mengapa Harga Cincin Kawin Berlian Mahal?

Ada berbagai macam cincin kawin yang bisa Anda temukan di pasaran. Macam-macam cincin kawin dibedakan berdasarkan logam yang digunakan, desain atau model, hingga batu permata sebagai penghias. Dibandingkan dengan batu permata lain, harga cincin kawin berlian termasuk paling mahal. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa batu permata tersebut memiliki nilai yang begitu tinggi.

Secara kualitas dan keindahan, batu permata memang sangat berkualitas dan memiliki keindahan yang tinggi. Namun di samping itu ada beberapa alasan mengapa harga cincin berlian mahal, berikut alasannya:

Proses Pembentukan

Berlian asli memiliki harga yang sangat mahal karena proses pembentukannya terjadi secara alami. Bukan dari tangan manusia, tapi terbentuk dari proses alam. Berlian adalah batu mineral yang terbentuk di perut Bumi yaitu sekitar 1.400 kilometer di bawah permukaan laut. Tekanan perut bumi yang mencapai 60 ribu kilobar membuat karbon alami membutuhkan jutaan tahun untuk menjadi berlian.

Akibat pergerakan inti Bumi, sebagian berlian bisa terdorong naik hingga mencapai permukaan. Dan akhirnya ditemukan manusia untuk selanjutnya diproses menjadi batu mulia yang layak dijual. 

Proses Penambangan

Meskipun berada di permukaan Bumi, namun berlian harus ditambang. Tidak serta merta muncul begitu saja sehingga manusia hanya tinggal mengambilnya. Manusia harus menambang berlian menggunakan pengetahuan, teknologi, alat berat, maupun peralatan canggih. Untuk menambangnya dibutuhkan modal yang besar, jadi harga berlian sendiri juga harus tinggi. Akan rugi jika berlian harganya murah padahal proses menambangnya susah.

harga cincin kawin

Pengolahan Menjadi Berlian

Alasan mengapa harga cincin emas berlian mahal selanjutnya adalah proses pengolahan batu berlian mentah menjadi berlian yang siap dijadikan perhiasan. Ada beberapa proses yang harus dilewati berlian mentah untuk menjadi berlian yang berkilau dan cantik. Beberapa proses tersebut seperti pemotongan, pemolesan, dan pengesahan. Jika tidak mampu mengolah berlian dengan baik, maka hasilnya akan gagal. Hanya ahli saja yang bisa mengolah berlian hingga layak disematkan pada cincin kawin.

Karakteristik Berlian

Karakteristik asli berlian yang kuat membuatnya memiliki kualitas tinggi. Hal ini kemudian menjadikan berlian harganya mahal. Berlian terbentuk di perut Bumi dengan tekanan yang sangat tinggi. Karena itu, berlian memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Selain itu, berlian juga bertahan dalam suhu yang tinggi sehingga kuat terhadap bahan kimia. 

Kualitas Berlian

Kualitas berlian ditentukan berdasarkan empat faktor yaitu cut atau potongan, carat atau berat karat, clarity atau kejernihan, dan color atau warna. Karat dalam berlian ini menunjukkan bobot berlian. Semakin berkualitas berlian, harganya juga akan semakin tinggi. Pasalnya kekuatan dan keindahannya juga semakin baik.

Logam yang Digunakan

Cincin berlian tidak hanya berasal dari berliannya saja namun juga dari logam yang digunakan. Beberapa jenis logam yang paling sering dijadikan cincin kawin adalah emas, platinum, dan palladium. Platinum adalah logam paling mahal, kemudian emas setelahnya. Sedangkan palladium adalah logam yang paling terjangkau dari ketiga logam tersebut. Logam lain yang juga terjangkau adalah perak atau silver.

Itulah alasan mengapa harga cincin kawin berlian mahal. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada harga cincin berlian yang terjangkau. Membandingkan kualitasnya, masih banyak juga cincin berlian terjangkau untuk hari spesial Anda. 

Mondial Jeweler menawarkan berbagai macam cincin kawin dengan harga yang cukup terjangkau. Ada cincin berdesain mewah, ada juga yang desainnya simple dan elegan. Semuanya bisa Anda dapatkan di store Mondial Jeweler yang sudah tersebar di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan.