6 Cara Menguji Keaslian Diamond Jewellery

0
175
diamond jewellery
diamond jewellery

Jika Anda berencana untuk membeli diamond jewellery, haruslah memastikan keaslian nya. Jangan sampai Anda membayar mahal untuk barang yang ternyata palsu. Simak ciri-ciri berlian asli di artikel ini

Diamond jewellery menjadi perhiasan yang diidamkan banyak kalangan, terutama kaum hawa. Namun, karena harganya yang relatif mahal, membuat banyaknya dibuat berlian imitasi yang hampir menyerupai aslinya.

diamond jewellery
                                        diamond jewellery

Bagi Anda yang sedang berencana untuk membeli perhiasan yang memiliki kemilau indah ini, tidak ada salah mencari tahu terlebih dahulu, ciri khas dari batu permata ini.

Berikut, beberapa ciri yang dimiliki sebuah diamond jewellery asli, yaitu:

  1. Keras

Berlian merupakan batu permata yang memiliki sifat paling keras di bumi. Jika saat Anda mengenakannya, dan hanya karena gesekan atau benturan yang ringan saja sudah mengalami gores atau terbelah, sudah dapat dipastikan bahwa itu palsu.

2. Memiliki berbagai warna

Selain warna putih atau bening, sebenarnya berlian memiliki warna lain seperti biru, pink dan juga kuning. Namun ketiga warna tersebut termasuk langka dan susah ditemukan. Jadi, jika ada yang menawarkan berlian dari keempat warna tadi, Anda harus hati-hati, bisa jadi itu hanya batu permata palsu.

3. Bisa menggores benda lain

Seperti yang dikatakan di atas tadi, sifat dari berlian adalah keras. Jadi, jika Anda ingin menguji coba berlian yang ingin dibeli, cobalah untuk menggariskan nya pada kaca. Jika kaca mengalami garisan dan berlian tersebut masih baik-baik saja, dapat dipastikan bahwa berlian ini asli.

4. Tidak bisa berkabut

Salah satu cara untuk membuktikan bahwa sebuah berlian itu asli atau palsu, Anda bisa menghembus kan nafas pada batu permata tersebut. Jika kabut yang Anda hembuskan cepat hilang atau langsung hilang, sudah pasti berlian ini asli.

5. Menghilangkan panas dengan cepat

Berlian asli juga tidak akan terasa panas walaupun Anda mencoba untuk memanaskan nya. Ini adalah sifat unik yang dimiliki oleh berlian yang tidak ditemukan dari perhiasan lain.

6. Berlian tidak mengapung saat masuk ke dalam air

Cara lain yang bisa Anda gunakan saat mengetes keaslian berlian adalah dengan mencelupkannya ke dalam air. Jika berlian mengapung di atas air, bisa dipastikan berlian tersebut palsu atau bisa juga terbuat dari perpaduan berlian asli dengan sintetis.

Demikian 6 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui keaslian sebuah diamond jewellery. Semoga bermanfaat.