3 Kecerdasan Spiritual Pada Anak

0
69
kecerdasan spiritual

Sejatinya setiap manusia diciptakan oleh Alloh dengan segala kelebihannya.  Dan yang menjadi manusia sebagai makhluk sempurna adalah adanya akal dan perasaan.  Maka dari itu kita harus menjaga apa yang sudah diberikan oleh Alloh.

 Berbicara mengenai akal dan perasaan,  dengan itu manusia memiliki 3 kecerdasan.  Dan kecerdasan ini harus dipupuk sedari kecil supaya hingga besar bisa bermanfaat.  Maka dari itu anak anak harus dilatih mengenai 3 kecerdasan ini.  kecerdasan spiritualDan 3 kecerdasan tersebut di antaranya adalah kecerdasan intelektual,  kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.  Apa sih 3 kecerdasan yang dimaksud tersebut.

Berikut penjelasannya :

1. Kecerdasan intelektual

Kecerdasan ini adalah kecerdasab yang berhubungan otak anak.  Kecerdasan ini banyak dilatik di lembaga pendidikan pada umumnya.  Namun tidak ada salahnya jika anda melatih kecerdasan intelektual anak di rumah sedari dini.  

Meakipun anak anda belum memasuki jenjang pendidikan.  Sebab ada banyak latihan intelektual yang diberikan kepada anak oleh orang tua tanpa harus memasukkan anak ke lembaga pendidikan.  

Artinya kecerdasan ini memang adanya karena terlatih dan dididik. Maka dari itu ajaklah anak bermain sambil belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan  wawasan anak,  hingga anak menjadi seseorang yang cerdas secara intelektual.

2. Kecerdasan emosional

Kecerdasan ini sesuai dengan namanya terkait dengan emosi atau watak anak.  Bagaimana anak dapat mengontrol emosinya saat berada di lingkungan sosial.  Melatih kecerdasan satu ini memang tidak mudah.

Butuh kehati hatian yang tinggu.  Sebab jika anak salah didik maka bisa fatal hingga anak besar terutama dalam didikan dan pembentukan watak anak.

 Kecerdasan ini sanagt rentan terhadap lingkungan sekitar anak. Maka dari itu jika ingin anak memiliki emosi yang baik,  sebaiknya jaga lingkungan anak dan tetap kontrol sikap kita kepada anak.

3. Kecerdasan spiritual

Yang terakhir adalah kecerdasan anak yang bersangkutan dengan hubungan anak bersama penciptanya.  Anak tentunya harus dikenalkan mengenai keyakinan sedari dini,  sebab untuk mendekatkan dan mengenalkan anak pada pedoman hidupnya.

Itulah 3 kecerdasan yang ahrus diperkenalkan dan dipupuk pada anak sedari dini supaya anak dapat menjadi manusia yang berguna di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here