Melatih Cara Belajar Membaca Anak Aktif

0
233
cara belajar membaca
cara belajar membaca

Belajar membaca merupakan sebuah kegiatan yang mesti dilakukan sejak dini, dimulai dengan pengenalan huruf ketika anak sudah mulai bisa berfikir yaitu antara usia 4 atau 5 tahun. Ada banyak cara belajar membaca yang bisa dipraktikan oleh orang tua terhadap anaknya, yang tentunya menggunakan metode belajar yang menyenangkan.

Untuk dapat membimbing anak dalam belajar membaca memang tidak semudah seperti yang dibayangkan, buktinya banyak orang tua yang merasa tidak sanggup bahkan menitipkan anaknya kepada PAUD agar anaknya bisa belajar dengan baik sebelum mengikuti belajar formal di Sekolah dasar. Kesulitan yang dihadapi oleh kebanyakan orang tua adalah tingkat kesabaran dan ketelatenan dalam membimbing anaknya supaya bisa membaca, apalagi jika sikap anak yang aktif tentunya membutuhkan kesabaran yang lebih ekstra lagi.

Nah walaupun anak memiliki sikap yang aktif dan selalu ingin bermain terus serta sulit untuk diarahkan, sebaiknya bunda jangan mudah merasa jenuh dan terkesan memaksa anak karena ingin cepat bisa. Karakter setiap anak memang berbeda, bisa jadi anak yang aktif tersebut lebih cepat dalam proses penerapan belajarnya dari pada anak yang penurut dan cenderung pendiam.

Kecepatan anak dalam menangkap pembelajaran jelas sekali berbeda, karena itulah di sekolah selalu ada remedial untuk memperjelas anak yang daya tangkap belajarnya kurang. Apalagi jika anak yang di didik adalah anak yang masih dalam kategori balita, tentunya mereka akan lebih senang bermain dan sulit untuk diarahkan.

Cara belajar membaca yang baik untuk dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya adalah dengan mengikuti apa yang diinginkan olehnya, seperti bermain, bernyanyi, ataupun yang lainnya. Nah di sela-sela bermain anak, bunda dapat menyisipkan pengenalan huruf secara perlahan dan dimulai dengan huruf yang mudah dan sering mereka ucapkan seperti huruf vokal.

Anda dapat menggambarkan hurup tersebut dengan warna yang disukai oleh anak, dan lakukan permainan ataupun bernyanyi dengan menggunakan huruf tersebut. Dengan cara seperti itulah, anak anda akan merasa senang dan ingin mengulangi hal yang sama seperti yang telah dilakukan tadi.