Kenali Perkembangan Janin Pada Awal Kehamilan

0
52
perkembangan janin dari minggu ke minggu
perkembangan janin dari minggu ke minggu

Kebanyakan wanita sangat menginginkan kehamilan setelah pernikahannya. Beberapa ungkapan mengatakan bahwa wanita akan disebut sempurna jika sudah bisa hamil atau memberikan keturunan. Meskipun tidak sedikit ibu hamil pada trimester pertama biasanya mengalami morning sickness. Namun hal ini tidak menjadi penghalang untuk seorang ibu untuk tetap melanjutkan kehamilannya. Selain itu hal menyenangkan lainnya adalah mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu.  Kali ini kami akan membagikan beberapa informasi mengenai perkembangan janin pada awal kehamilan atau pada trimester pertama.

  • Bulan Pertama

Pada bulan pertama hal yang terjadi adalah pembuahan. Setelah terjadi pembuahan tahap selanjutnya adalah pembentukan embrio dan kemudian akan menjadi zigot. Setelah menjadi zigot maka akan tumbuh menjadi morula yang bentuknya seperti buah rasberi yang menempel pada rahim. Pada bulan pertama juga sudah ada kantung ketuban yang membungkus dengan sangat ketat.

Kondisi selanjutnya adalah pembentukan fisik janin. Pada periode ini janin sudah memiliki lingkaran hitam yang nantinya akan menjadi mata dan bagian lain seperti rahang, mulut, hidung dan lain-lain. Selain itu plasenta juga sudah mulai terbentuk. Plasenta memiliki fungsi untuk mentransfer nutrisi ke janin, maka dari itu sirkulasi darah sudah bisa bekerja. Pada bulan pertama ukuran janin sekitar 6 hingga 7 mm.

  • Bulan Kedua

Kondisi perkembangan janin pada bulan kedua lebih cenderung pada pembentukan tulang. Pada tahapan perkembangan di bulan kedua, pada bagian sisi kepala akan muncul lipatan kecil yang nantinya akan menjadi telinga. Minggu-minggu ini sudah terbentuk jaringan saraf diantaranya otak, sumsum tulang belakang dan beberapa jaringan saraf lainnya.

Pembentukan tulang dan kaki juga sudah mulai terlihat pada bulan kedua, meskipun masih seperti tunas. Ukuran janin pada bulan kedua sekitar 2,54 cm.

  • Bulan Ketiga

Pada usia kandungan tiga bulan, bentuk fisik janin sudah mulai sempurna dimana kaki, tangan, telinga, struktur wajah sudah mulai terlihat. Selain itu sistem peredaran darah, sistem urine, kerja hati juga sudah mulai beroperasi. Hanya sistem reproduksi saja yang belum berkembang dengan sempurna sehingga belum bisa diketahui jenis kelaminnya. Pada usia kandungan tiga bulan ukuran janin sekitar 7,6 hingga 10 cm. Janin juga sudah memiliki kemampuan untuk mengepalkan tangan dan membuka juga menutup mulutnya.

Itulah perkembangan janin pada trimester pertama. Hal yang menyenangkan bukan untuk mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here