Inilah Tanda Anjing Hamil yang Perlu Anda Ketahui

0
155

Beberapa pemilik anjing masih kesulitan untuk membedakan anjing yang sedang hamil dengan anjing yang berat badannya berlebihan. Pasalnya keduanya sama-sama memiliki perut yang besar dan bobot tubuh yang lebih tinggi dibandingkan anjing pada umumnya. Namun sebenarnya tanda anjing hamil bukan hanya dari perut dan bobotnya saja. Ada beberapa tanda lain yang perlu Anda ketahui yaitu:

Nafsu Makan Berubah

Tanda anjing sedang hamil yang pertama adalah nafsu makannya berubah. Perubahan nafsu makan ini tergantung individu, jadi setiap anjing bisa berbeda. Ada anjing yang nafsu makannya menurun, namun ada juga yang meningkat. Kondisi ini terjadi karena produksi hormon di tubuh anjing.

Perut Besar dan Berat Badan Bertambah

Sudah jelas jika anjing yang hamil perutnya akan membesar. Selain itu, berat badannya juga akan bertambah sangat banyak. Semakin besar perutnya kemungkinan anaknya juga semakin banyak. 

Ukuran Puting Membesar

Perut besar dan berat badan bertambah tidak selalu menjadi tanda ajing hamil. Untuk meyakinkan anjing sedang hamil, Anda bisa melihat putingnya. Warna puting anjing yang hamil lebih gelap, sedangkan ukurannya semakin besar.

Mudah Lelah

Biasanya anjing milik Anda senang bergerak namun sekarang menjadi malas? Mungkin sekarang anjing tersebut sedang hamil. Hal ini sangat terlihat jika anjing Anda termasuk anjing yang aktif. Namun pada anjing yang biasanya pasif, Anda harus lebih memperhatikannya.

Senang Mencari Perhatian

Pada umumnya anjing memang suka mencari perhatian pada pemiliknya. Namun saat hamil, mereka akan lebih banyak berada di sisi pemiliknya dan meminta atensi. 

Senang Bersarang

Tanda yang terakhir adalah senang bersarang. Ini akan terlihat beberapa minggu sebelum melahirkan. Anjing biasanya akan terlihat menggali tanah untuk membuat sarang. Selain itu, ada juga yang menyobek kain atau mencari tempat gelap untuk bersarang.

Itulah tanda-tanda anjing hamil yang perlu Anda ketahui. Jika memiliki tanda-tanda di atas, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut. Anjing yang hamil harus mendapatkan perhatian khusus, terutama dari segi makanan. Berikan makanan anjing dari Royal Canin yang khusus untuk anjing yang sedang hamil. Pasalnya nutrisi Royal Canin sudah disesuaikan dengan kebutuhan anjing.