Hipotiroidisme yang Dialami Anjing Tua

0
33
anjing tua
anjing tua

Akan sangat mengganggu apabila terjadi gangguan kulit pada anjing yang berusia tua kesayangan anda. Kadang-kadang hewan kesayangan yang sudah dibawa pada pagar hewan terpercaya dan telah didiagnosa berbeda-beda ada bahkan penanganannya juga berbeda-beda juga. Namun hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Salah satunya yang terjadi pada anjing tua adalah penyakit hipotiroidisme.

Hipotiroid pada dasarnya merupakan suatu kondisi yang umum dijumpai bahkan juga pada manusia bukan hanya pada anjing saja. Sebelum ulasan ini lebih jauh mengenai hipotiroidisme pada anjing tua. Maka lebih baik mengetahui apa itu sebenarnya hormon tiroid dan kelenjar yang menghasilkan hormon tersebut. Pada anjing kelenjar tiroid berupa dua lobus kecil yang terdapat pada sisi kanan dan kiri batang tenggorokan atau trakea. Apabila dilihat beberapa kelenjar tersebut akan berbentuk seperti kupu-kupu yang tengah merentangkan sayapnya.

Kesimpulannya, hipotiroid terjadi ketika kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon tersebut dalam jumlah yang seharusnya sehingga dapat menjadi akibat adanya ketidakseimbangan hormon dan mempengaruhi lambatnya proses metabolisme tubuh yang nanti akhirnya bermanifestasi dalam bentuk gangguan atau kelainan physical.

G:\ARTIKEL INDO\NOPEMBER 2021\SUSAN PROJECT\Royal Canin (Batch 1) Oktober 2021\Royal Canin (Batch 1) Oktober 2021 - Minggu 4\anjing tua 2.jpg
anjing tua

Pada umumnya, hipotiroid ini menyerang anjing tua sekitar pada usia 4 hingga 10 tahun. Selain itu terdapat beberapa ras anjing yang dinilai mempunyai kecenderungan lebih untuk mengalami hipotiroid yaitu beberapa anjing yang memiliki ukuran tubuh sedang hingga besar dan tipe pemburu seperti Golden Retriever, Cocker Spaniel, Doberman Pinscher, dan Airedale terriers. Namun juga terdapat faktor-faktor yang bisa memicu terjadinya hipotiroidisme ini. Terdapat banyak kasus hipotiroid pada anjing yang yang diakibatkan karena kelainan imunitas atau sistem daya tahan, lebih jelasnya sistem imunitas yang dimiliki anjing mulai menyerang beberapa jaringan hormon tiroid.

Apabila hal tersebut terjadi sistem tubuh anjing tua pada awalnya akan berusaha untuk mengatasi gangguan tersebut dengan cara cara melakukan produksi hormon tiroid dari dalam dengan jumlah yang lebih banyak. Tetapi pada akhirnya kelenjar tiroid tersebut tidak dapat mengatasi lagi ketertinggalannya terlebih mengingat semakin banyaknya jaringan kelenjar yang diserang hingga akhirnya anjing tua akan mengalami hipotiroid. Nah, untuk menjaga agar kesehatan pada hewan terutama anjing kini sudah hadir makanan yang baik di tengah tengah kita adalah Royal Canin.