Tips Desain Dapur Modern Minimalis

0
44
desain dapur modern
desain dapur modern

Dapur merupakan salah satu ruang penting di rumah. Agar Anda lebih gemar memasak, tentu dibutuhkan fasilitas dan desain dapur yang bagus. Dengan memanfaatkan lahan yang minim, Anda bisa membuat dapur yang menawan dengan desain dapur modern dan minimalis. Nah, kali ini, kami memiliki tips yang perlu diperhatikan ketika hendak membuat dapur yang modern dan minimalis.

Tips Membuat Dapur Modern dan Minimalis 

Perhatikan Fungsi Dapur

Hal yang paling penting yaitu Anda harus memastikan apa fungsi utama dari dapur tersebut. Apakah dapur akan digunakan untuk kegiatan memasak berat? Atau hanya untuk kegiatan memasak ringan untuk sehari-hari? Jika untuk kegiatan memasak ringan, Anda bisa memilih konsep desain dapur bersih atau pantry. 

Selain itu, pastikan siapa saja yang akan menggunakan dapur tersebut. Misalnya untuk area bercengkerama dan makan bersama keluarga juga. Dengan begitu Anda akan memahami desain dapur yang seperti apa yang ingin dibuat. 

Perhatikan Penataan Peralatan Dapur

Ciri khas dari konsep desain dapur modern minimalis yaitu bersih, sederhana, dan rapi. Minimalis menampilkan suasana ruang yang benar-benar terlihat bersih. Hal ini termasuk dengan penggunaan dan penataan berbagai peralatan dapur yang akan Anda gunakan. Simpan dan tatalah peralatan dapur dengan baik. 

Gunakanlah peralatan yang hanya benar-benar dibutuhkan saja. Konsep minimalis yaitu minimal dan sederhana. Jangan sampai terlalu banyak peralatan yang tidak penting di dapur  Anda. 

Untuk menunjang konsep sederhana, sangat direkomendasikan untuk mengorganisir peralatan dengan baik. Peralatan yang sering digunakan seperti sendok, garpu, spatula, pisau, gelas dan piring merupakan contoh peralatan yang sering digunakan. Simpanlah peralatan tersebut dalam tempat yang mudah dijangkau,misalnya meja konter. 

Perhatikanlah furniture 

Konsep dapur minimalis membutuhkan furniture yang sederhana juga. Gunakanlah furniture dapur dengan material yang ringan dan ramping. Untuk kitchen set, Anda bisa menggunakannya dari bahan dasar stainless steel. Bahan ini dikenal lebih awet juga tahan lama. 

Perhatikan Warna Cat Dinding

desain dapur modern

Pilihan warna cat interior terbaik yaitu warna yang netral. Misalnya warna putih atau beige. Warna yang netral dan terang bisa memberikan kesan bersih dan luas. Dapur Anda akan terlihat lebih luas dan nyaman jika menggunakan warna-warna tersebut. Selain itu, pilihan warna ini juga bisa dikombinasikan dengan warna lainnya. 

Perhatikan Pencahayaan Dapur dengan Baik

Pencahayaan yang tepat mampu menampilkan suasana ruang yang nyaman. Pencahayaan yang baik juga mampu menegaskan konsep desain dapur yang diusung. Hal ini mampu menampilkan konsep ruang yang konsisten dengan gagasan yang diterapkan. 

Namun, perlu diperhatikan bahwasannya minimalis berarti sederhana. Konsep dapur modern minimalis tidak membutuhkan terlalu banyak lampu yang justru membuat kesan meriah. Selain itu, Anda juga tak perlu memasang ornamen pencahayaan yang berlebihan di dapur. 

Anda bisa memasang pencahayaan di area-area yang dibutuhkan saja. Misalnya di meja makan, di tempat memasak, atau pada tempat-tempat lain yang memang dibutuhkan penerangan lebih untuk mendukung aktivitas disana. 

Namun perlu diperhatikan juga, bahwa konsep dapur modern minimalis sangat menyarankan penggunaan penerangan alami. Baik di siang maupun malam hari. Maka dari itu, jangan lupa untuk memperhatikan sistem ventilasi udara atau instalasi bukaan jendela yang besar di dapur. Namun Anda juga harus memperhatikan desainnya untuk desain dapur modern kini sudah hadir master rumah dengan konsep terbarunya. 

Nah, itulah beberapa tips desain dapur modern minimalis yang bisa Anda jadikan alternative. Semoga membantu.