Ketahui Proses Ini Sebelum Menempuh Fakultas Kedokteran Gigi

0
47
fakultas kedokteran gigi terbaik di indonesia
fakultas kedokteran gigi terbaik di indonesia

Berbagai jenjang pendidikan yang perlu diketahui sebelum menjadi dokter memiliki tingkatan yang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun begitu hal tersebut bukan menjadi halangan untuk terus berprestasi dan bisa lulus sesuai tahun akademiknya. Terlebih lagi jika mengambil kuliah di fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia tentunya untuk berbagai tugas dan mata kuliah yang harus diselesaikan lebih lengkap dengan berbagai aturannya.

Kuliah di fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia memerlukan kesiapan tidak hanya dari segi pemikiran atau mental tetapi juga untuk kesiapan biaya yang dibutuhkan. Apalagi untuk bisa sampai menjadi seorang dokter memerlukan proses yang cukup panjang. Lalu bagaimana proses yang ada pada pendidikan fakultas kedokteran tersebut? berikut akan kami bahas secara garis besarnya.

fakultas kedokteran gigi terbaik di indonesia
  1. Mengikuti pembelajaran S1. Pendidikan pada fakultas kedokteran secara umum hampir sama seperti fakultas lainnya. Seperti menempuh pendidikan sarjana satu (S1). Sistem perkuliahan untuk dokter gigi sendiri biasanya menggunakan kurikulum yang berbasis kompetensi (KBK), dimana para mahasiswanya akan mengikuti perkuliahan seperti kuliah pakar, skill lab, tutorial, praktikum sampai dengan ujian. Semuanya wajib diikuti mahasiswa untuk bisa lulus S1.
  2. Mengikuti kegiatan koas atau profesi. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 dengan gelar S.KG. tidak serta merta langsung menjadi seorang dokter dan bisa melakukan pengobatan kepada pasien secara langsung akan tetapi harus terlebih dahulu mengikuti semacam pelatihan calon dokter gigi atau yang sering disebut sebagai koas. Proses koas ini merupakan tahapan wajib sebelum resmi menjadi seorang dokter. Disini calon dokter melaksanakan koas di rumah sakit kurang lebih selama 1.5 tahun. Disini calon dokter melaksanakan praktik langsung kepada pasien sebenarnya dengan ilmu kedokteran yang telah dipelajari di bangku kuliah. Tahapan ini calon dokter mendapatkan pengawasan atau bimbingan dari dokter yang berpengalaman atau yang ditunjuk dari pihak universitas.
  1. Melaksanakan kegiatan ujian dokter gigi. Setelah selesai dari kegiatan perkuliahan dan koas dokter gigi maka gelar dokter gigi sudah bisa didapatkan. Akan tetapi hal tersebut belum serta menjadikan anda bisa melaksanakan praktek sebagai seorang dokter gigi, anda masih diwajibkan mengikuti ujian kompetensi dokter Indonesia (UKDI) yang pelaksanaannya dilakukan 4 kali setahun secara serentak di Indonesia. Adanya ujian ini wajib diikuti sebagai standarisasi akan kemampuan semu dokter dari FKG telah memiliki kompetensi minimal sama.

Setelah mengikuti kegiatan UKDI dan dinyatakan lulus maka anda pun sudah bisa mengurus surat tanda registrasi (STR) yang dimana surat ini sebagai tanda anda boleh melakukan praktek secara legal di Indonesia. Akan tetapi jika gagal dalam ujian maka harus mengulangi lagi sampai bisa mendapatkan STR.

Penting juga diketahui dalam menjalani perkuliahan kedokteran gigi adanya praktek-praktek yang tentunya membutuhkan berbagai perlengkapan yang bisa menunjang kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Dari itu sebagai pilihan tepat untuk bisa kuliah fakultas kedokteran gigi maka pilihlah universitas yang memang memiliki reputasi terbaik. 

Untuk hal ini Universitas Kristen Maranatha bisa menjadi pilihan yang tepat dengan berbagai keunggulan di dalamnya. Mulai dari fasilitas yang lengkap, tenaga pengajar profesional, kurikulum terbaik, tempat praktik yang memenuhi standar, serta yang lainnya bisa didapatkan di Maranatha. Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, sudah banyak lulusan dari Maranatha yang berkarir sebagai dokter di berbagai rumah sakit besar di Indonesia dan tentunya bisa menjadi penyemangat untuk kuliah jurusan kedokteran gigi hanya di Maranatha.