Manfaat Protein Sebagai Nutrisi Otak Anak

0
80

Setiap orang tua tentunya menginginkan proses tumbuh kembang anak secara optimal. Sehingga Si Kecil tumbuh menjadi individu yang aktif, sehat, dan tumbuh hebat. Selain stimulasi yang tepat sesuai usia Si Kecil, nutrisi otak anak juga harus dipenuhi dengan baik agar sel- sel otak dan saraf berkembang dengan optimal.

Salah satu zat gizi yang dibutuhkan agar perkembangan otak anak optimal adalah protein. Protein berperan penting dalam perkembangan otak Si Kecil. Protein mengarahkan sel saraf dan memindahkannya ke tempat yang tepat di otak. Saraf tersebut yang membuat Si Kecil mampu berpikir dan membuat persepsi akan di dunia sekitar. Protein membantu optimalkan perkembangan panca indra di Kecil. Banyak sekali manfaat protein sebagai nutrisi otak anak yang dapat mengoptimalkan kehebatan Si Kecil, diantaranya sebagai berikut:

Protein Meningkatkan kemampuan belajar Si Kecil

Makanan yang kaya akan protein akan membantu Si Kecil berfikir jernih, lebih fokus dalam memproses informasi sehingga kemampuan belajarnya akan meningkat. Si Kecil yang berusia 6 bulan, jumlah protein yang direkomendasikan adalah 1,12 gram untuk setiap kilogram berat badannya. Seiring bertambahnya usia kebutuhannya perlahan menurun. Untuk SI Kecil usia 10 tahun, kebutuhan proteinnya adalah 0,74 gram untuk tiap kilogram berat badannya.

Mam, dapat memenuhi kebutuhan protein Si Kecil dengan menyajikan makanan yang kaya protein baik hewani maupun nabati. Contoh protein hewani yang bisa diberikan antara lain telur, daging merah, susu dan produk olahannya, serta ikan. Sedangkan protein nabati bisa di dapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang kedelai, tahu, tempe, dan kacang merah.

Neurotransmitter

Otak yang cerdas artinya antar-sel otak terjadi hubungan atau komunikasi yang aktif. Koneksi antar-sel otak terjadi melalui neurotransmitter dan protein lah zat yang menyusun neurotransmitter tersebut. Sebagai contoh, protein tryptophan membantu otak memproduksi neurotransmitter serotonin yang membantu mengontrol suasana hati, nafsu makan, dan pola tidur. sedangkan protein tyrosine menunjang otak dalam produksi norepinefrin yang berperan dalam mengontrol detak jantung serta tekanan darah. Protein ini juga berperan dalam menjaga alur kinerja neurotransmitter agar fungsi otak berjalan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan protein anak, Mam dapat berikan rangkaian produk susu pertumbuhan Wyeth Nutrition yang sesuai dengan usia Si Kecil.