Bubur Bayi Sehat Untuk Dikonsumsi Anak

0
92
Bubur Bayi Sehat
Bubur Bayi Sehat

Kesibukan seorang ibu rumah tangga ataupun pekerja, dan dibarengi dengan tanggung jawab memberikan anak nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya ketika masa MPASI merupakan suatu tantangan tersendiri bagi ibu. MPASI merupakan kepanjangan dari makanan pendamping ASI, umumnya makanan ini diberikan pada anak ketika memasuki usia 6 bulan. Umumnya makanan berupa bubur bayi sehat, buah, dan sebagainya. Di tengah banyaknya kesibukan ibu, berikut ini terdapat trik yang bisa membantu untuk membuat menu MPASI. 

Trik Pembuatan Menu MPASI

Rencanakan menu MPASI untuk 1-2 minggu kedepan. Supaya mempermudah aktivitas ibu, diharapkan untuk membuat jadwal menu MPASI mingguan atau bulanan. Hal ini berguna untuk menghitung asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. Dan juga dengan begitu ibu tidak perlu bingung hari ini akan menyiapkan menu MPASI apa. Jangan lupa dalam menyusun jadwal menu usahakan bervariasi, baik rasa maupun warna. 

Kemudian samakan bahan makanan anak dengan bahan makanan untuk menu keluarga. Supaya tidak repot dan boros ibu bisa menyamakan bahan makanan untuk menu keluarga dengan bahan MPASI. Missal bila ibu mempunyai tahu, bayam, daging, dan beberapa sayuran segar lainnya, ibu bisa membuat menu orak-arik untuk keluarga dan juga bahan yang sama juga aman untuk anak. Cukup sesuaikan tekstur sesuai tahapan MPASI anak. 

Bubur Bayi Sehat

Bubur Bayi Sehat Untuk Anak

Siapkan bubur bayi sehat sebagai dasaran. Selain menyiapkan lauk dan pauk untuk anak, juga jangan lupa untuk menyiapkan bubur bayi sebagai makanan pokok anak. Dalam menyiapkan bubur untuk menu anak berikan tekstur yang pas sesuai tahapan pertumbuhan anak. Cara membuat bubur bayi bisa ibu lihat di berbagai website. 

Memberikan MPASI untuk anak sangatlah penting untuk menunjang kebutuhan nutrisinya, untuk tumbuh kembangnya. Ibu rumah tangga perlu memperhatikan beberapa tips supaya tidak perlu kerepotan dalam menyajikan MPASI. Rencanakan menu secara mingguan atau bulanan, samakan bahan makanan anak dengan makanan keluarga, dan jangan lupa menyiapkan bubu bayi sehat sebagai makanan dasar anak.