Kenali Gejala Karies Gigi pada Anak untuk Mencegahnya

0
36
Kenali Gejala Karies Gigi pada Anak untuk Mencegahnya

Karies gigi disebabkan karena sisa-sisa makanan dan gula yang tersisa di permukaan gigi, lalu berubah membentuk asam oleh bakteri. Maka, sebelum hal tersebut terjadi maka lakukan tindakan pencegahan sedini mungkin. Namun, sebelumnya pasti harus mengetahui apa saja gejala karies gigi pada anak.

Jika Moms melihat ada noda kuning kecoklatan atau seperti noda hitam pada gigi, sebaiknya Moms lebih berupaya untuk memperhatikan kesehatan gigi si kecil.

Karena sebab dari noda kuning kecoklatan atau noda hitam tersebut adalah tanda dari munculnya karies gigi. Ketika awal terbentuk karies gigi mungkin tidak akan menyebabkan rasa sakit. Namun, pada saat noda kuning kecoklatan tersebut menjadikan lubang karies gigi semakin besar, maka resiko untuk mengalami sakit gigi juga akan semakin besar. Maka dari itu, lebih baik untuk mengenali gejala karies gigi agar Moms bisa mewaspadai terjadinya.

G:\ARTIKEL INDO\JULI 2021\SUSAN PROJECT\Lactogrow -  Batch 3-4 (Jun-Jul)\Lactogrow -  Batch 3-4 (Jun-Jul) - Minggu 3\gejala karies gigi 4.jpg

Gejala Karies Gigi Pada Anak

  • Tahap awal dari munculnya karies gigi ini adalah terdapat bintik-bintik putih pada email gigi anak. Bintik-bintik putih ini menandakan apabila mulai terjadi kerusakan pada lapisan email anak.
  • Muncul garis gigi awal berwarna coklat muda.
  • Apabila kondisi semakin buruk struktur gigi bisa menjadi rusak, terbentuk lubang yang kekuningan, lalu dapat menjadi gelap warnanya seperti kecoklatan bahkan hitam.
  • Apabila kondisi tersebut ada pada si kecil dan belum juga diperbaiki, maka sisa makanan dapat dengan mudah menumpuk serta tersimpan di lubang tersebut. Lalu, gigi akan mengalami kerusakan bahkan hingga ke ruang pulpa.
  • Kerusakan yang terjadi hingga ke ruang pulpa dapat menyebabkan infeksi dan terbentuknya nanah pada gusi.

Gejala karies gigi dapat terjadi berbeda-beda terhadap setiap anak titik mungkin gejalanya berupa rasa sakit yang ada di sekitar gigi dan juga gigi sensitif pada makanan tertentu titik misalnya makanan panas makanan dingin atau minuman dingin. Semua gejala tersebut yang menunjukkan bahwa ada gangguan pada anak.

Apabila Moms melihat adanya gejala karies gigi pada si kecil, maka segera ajak si kecil untuk mengunjungi dokter gigi dan lebih perhatikan upaya penjagaan dan pembersihan gigi.