5 Tips Mengelola Kartu Kredit dengan Benar

0
34
apply kartu kredit

Di era modern, orang-orang mulai beralih menggunakan sistem pembayaran yang lebih praktis dibandingkan uang tunai. Penggunaan uang tunai dalam jumlah besar tergolong rawan tindakan kriminalitas, apalagi membawa uang banyak di tempat umum. Selain masalah efisiensi transaksi, kartu kredit bisa membantu orang yang kesulitan mengatur pengeluaran bulanan lebih baik. Toh, apply kartu kredit  ke Bank Sinarmas lebih mudah dan praktis asal Anda melengkapi semua persyaratan yang ada.

Mengelola keuangan dengan kartu kredit

apply kartu kredit
apply kartu kredit

Apply kartu kredit bisa dilakukan secara online pada masa perkembangan teknologi dan informasi begitu cepat ini. Namun, Anda harus tahu bahwa kartu kredit yang diajukan ke Bank Sinarmas bisa membantu finansial bulanan lebih mudah. Bila Anda tidak disiplin dalam mengelola keuangan, maka risiko sulit membayar bunga kartu kredit yang besar bisa terjadi kapan saja. Yuk, simak tips penting mengelola keuangan dengan kartu kredit ini!

  1. Salah metode pembayaran

Keuangan Anda bisa terganggu bila menerapkan metode pembayaran yang salah yaitu memanfaatkan keringanan dari pihak bank atau minimum payment. Bila Anda alami kesulitan keuangan pada bulan tertentu, maka boleh membayar cicilan nilai terendah sesuai persentase yang ditetapkan bank, misalnya 10 persen. Kebiasaan ini akan membuat tagihan Anda meningkat pada bulan selanjutnya bila tidak diperhitungkan secara matang, lho! 

  1. Membayar tagihan secara penuh 

Selalu bayar cicilan kartu kredit lebih awal agar Anda tidak terbebani hutang bulanan. Jika punya tagihan minimum payment, maka bayar besaran bunga dari keterlambatan pembayaran tagihan tersebut. Melunasi tagihan bulan sebelumnya menjadi tips penting agar Anda tidak alami kebangkrutan akibat penggunaan kartu kredit yang ceroboh.

  1. Hindari mengambil uang dari kartu kredit

Memang kartu kredit menawarkan kemudahan nasabah untuk mengambil uang seperti fasilitas pada kartu debit. Namun, Anda harus menghindari kebiasaan buruk ini bila tidak ingin gaji habis untuk membayar cicilan kartu kredit. Anda harus selalu ingat bahwa penggunaan kartu kredit sama seperti hutang yang perlu dibayar, termasuk besaran bunga kartu kredit tersebut. 

  1. Selalu utamakan membayar cicilan sebelum jatuh tempo 

Jangan suka menunda bayar cicilan kartu kredit yang telah jatuh tempo atau biaya yang Anda keluarkan lebih besar. Pasalnya, Anda harus membayar cicilan bulanan, bunga dan biaya keterlambatan pembayaran cicilan jatuh tempo. Alih-alih untung, penggunaan kartu kredit yang tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan akan membuat Anda buntung. 

  1. Membeli produk atau layanan jasa yang Anda butuhkan 

Anda harus ingat bahwa kartu kredit yang Anda ajukan berfungsi membantu pengelolaan keuangan, bukan untuk melampiaskan hasrat belanja Anda. Selalu pikirkan lebih dulu bila ingin beli produk atau menggunakan layanan jasa yang tidak Anda butuhkan. 

Kartu kredit bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan yang tergolong primer sehingga efisiensi pengaturan pengeluaran gaji bulanan bisa lebih maksimal. Selalu update informasi agar Anda bisa membeli barang atau memanfaatkan layanan jasa menggunakan kartu kredit yang lebih murah. 

Selama Anda bisa mengatur strategi pengelolaan keuangan sesuai kebutuhan masing-masing, maka apply kartu kredit di Bank Sinarmas bisa menjadi solusi terbaik. Anda bisa mengatur cicilan yang ditetapkan pihak bank setidaknya 10-30 persen dari nilai gaji. 

Jangan sampai Anda tidak melakukan kalkulasi cicilan dan bunga yang ditetapkan oleh kartu kredit. Jika bisa memanfaatkan promo atau diskon barang dari kartu kredit, maka Anda bisa mendapatkan untung dua kali lipat dalam melakukan penghematan, lho!