Penyebab Anak Susah BAB yang Wajib Diketahui

0
43

Konstipasi atau susah BAB (Buang Air Besar), merupakan suatu kondisi yang tidak hanya sering terjadi pada orang dewasa saja. Bahkan juga sering terjadi kondisi anak susah BAB namun sayangnya kurang banyak orang tua yang mengenalinya.

Perlu Anda ketahui, konstipasi pada anak-anak tidak boleh dibiarkan. Pasalnya susah BAB pada anak-anak juga bisa menjadi hal yang serius jika tidak segera ditangani. Meski begitu, ada juga beberapa susah BAB yang disebabkan oleh hal-hal yang ringan saja.

Ada beberapa penyebab susah BAB yang umum terjadi pada anak-anak. Salah satunya yaitu salah memilih produk susu. Tidak semua produk susu cocok untuk anak-anak. Maka dari itu, Anda harus memilih jenis susu yang sesuai, baik dengan usia dan juga kebutuhannya.

Jika penyebab susah BAB akibat susu yang Anda berikan, maka gantilah produk susu tersebut dengan yang lain. Salah satunya yaitu produk susu dari Lactogrow yang tidak menyebabkan si kecil susah BAB. Anda tinggal memilih salah satu beberapa varian yang sesuai dengan usia si kecil.

Penyebab lain yang mengakibatkan susah BAB adalah jenis makanan yang diberikan kepada si kecil. Salah satunya adalah jenis makanan padat yang susah dicerna oleh si kecil, terutama untuk bayi. Makanan padat biasanya akan membuat pencernaan bayi “kaget”. Sehingga makanan tersebut sulit dicerna dan mengakibatkan konstipasi.

Selain itu, beberapa jenis makanan yang minim serat juga bisa menyebabkan si kecil menjadi susah BAB. Beberapa jenis makanan minim serat yang kami maksud di antaranya seperti roti, nasi, dan beberapa jenis makanan lainnya.

Susah BAB pada anak juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Umumnya si kecil akan mendapatkan cairan dari minuman dan juga makanan yang biasanya dia konsumsi. Maka dari itu, usahakanlah untuk memenuhi asupan cairan pada si kecil.

Selain dehidrasi, konstipasi juga bisa disebabkan oleh  kondisi medis tertentu. Maka dari itu, Anda harus membawa si kecil ke dokter terdekat.

Demikian informasi seputar penyebab-penyebab anak susah BAB. Melalui informasi di atas, kini Anda bisa mengetahui hal-hal yang harus dihindari dan juga mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Untuk kondisi tertentu, Anda harus segera mendatangi dokter terdekat.