Cara Membedakan Cincin Pernikahan Berlian Mewah Asli dan Palsu

0
67
cincin pernikahan berlian mewah

Saat ini ada banyak sekali pilihan cincin pernikahan berlian mewah yang ada di pasaran. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua berlian yang ada di pasaran itu asli dan juga berkualitas. Bagi pemula yang jarang membeli cincin berlian, mungkin Anda akan sedikit kewalahan dalam memilih cincin berlian asli.

Namun jangan khawatir, karena disini kami akan coba membagikan tips membeli cincin nikah elegan dengan berlian asli. Jadi, silahkan Anda simak artikel ini hingga selesai.

cincin pernikahan berlian mewah
cincin pernikahan berlian mewah

1.  Minta Penjual Menunjukan Sertifikat

Perlu Anda ketahui, sertifikat merupakan surat-surat penting sebuah berlian. Surat-surat ini akan membantu Anda untuk menilai keaslian berlian tersebut. Sertifikat berisi tentang informasi penting terkait berlian yang Anda gunakan pada cincin pernikahan.

Adapun informasi yang ada pada cincin tersebut yaitu mulai dari keaslian berlian, jenis berlian, dan masih banyak lainnya. Bahkan pada sertifikat berlian kita juga bisa mengetahui tempat di mana berlian tersebut ditemukan.

2.  Cek Menggunakan Diamond Selector

Untuk mengetahui keaslian berlian saat ini sudah semakin mudah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat bernama diamond selector. Alat ini bisa menunjukan keaslian berlian secara mudah dan juga cepat.

Alat digital ini bisa langsung digunakan dengan cara ditempelkan saja pada berlian yang akan Anda cek. Kemudian alat tersebut akan menunjukan keasliannya dengan munculnya bunyi yang disertai dengan lampu yang menyala.

Jika Anda mendengar bunyi dan melihat lampu yang menyala pada alat tersebut, maka berlian tersebut merupakan berlian asli.

3.  Hanya Membeli di Tempat yang Kredibel

Ada cara mudah dan cepat untuk membeli produk berlian asli. Caranya yaitu dengan langsung membelinya di toko atau brand perhiasan yang kredibel. Pasalnya, tempat tersebut hanya akan menjual jenis-jenis berlian asli yang terbukti keasliannya.

Maka dari itu, carilah tempat yang tepat saat Anda berencana membelinya. Pilihlah tempat terbaik yang hanya menawarkan produk cincin mewah berkualitas tinggi. Terutama jika Anda ingin membeli jenis cincin mewah dan juga elegan.

Ciri-Ciri Berlian Asli

Untuk membedakan berlian asli dengan berlian palsu ternyata tidaklah sulit. Pasalnya, berlian asli punya ciri-ciri yang susah dibedakan dengan berlian yang palsu. Berikut ciri-ciri sederhana yang bisa Anda bedakan sendiri tanpa harus mempelajarinya secara mendalam.

1.  Berlian Asli Tidak Akan Terbakar

Berlian merupakan batu mulia yang sangat keras sekali. Batu indah ini tidak akan pernah terbakar, dan tidak akan berubah bentuk maupun warna saat terbakar api.

Jika Anda punya berlian tapi berubah bentuk dan warna saat terbakar, maka bisa dipastikan bahwa berlian tersebut palsu.

2.  Tenggelam di Dalam Air

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, berlian adalah sebuah batu. Sejatinya, batu memiliki bentuk yang keras dan juga berat. Maka ketika kita masukkan ke dalam air di dalam gelas, maka berlian akan tenggelam di dalamnya.

Berbeda dengan jenis berlian palsu yang hanya terbuat dari bahan plastik ringan. Berlian palsu cenderung akan mengambang.

3.  Mampu Memantulkan Cahaya

Meski tampak bening, namun sifat asli dari berlian ini layaknya batu di mana cahaya tidak bisa tembus ke dalamnya. Justru sebaliknya, cahaya akan dipantulkan sehingga berlian akan tampak cemerlang saat kita gunakan.

Inilah yang menjadi salah satu pembeda sekaligus keindahan dari sebuah berlian. Itulah yang menjadi salah satu hal penting yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Itulah informasi seputar cara membedakan cincin pernikahan berlian mewah asli dengan yang palsu. Bagaimana, cukup mudah dibedakan bukan? Kini Anda bisa menemukan cincin berlian terbaik secara langsung di Mondial.