Cara Menyajikan Menu MPASI yang Benar Bagi Sikecil

0
144

Anak yang sudah memasuki usia 6 bulan, sejatinya harus segera diperkenalkan dengan menu MPASI cerelac nestle ataupun menu MPASI homemade buatan bunda.  Karena seiring bertambahnya usia sikecil, kandungan dalam ASI ibu, sudah tidak bisa lagi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi secara maksimal. 

Namun sebelum bunda mau menyajikan MPASI kepada sikecil, ada baiknya dulu bunda memahami tentang bagaimana cara menyajikan MPASI yang baik dan benar. Karena bila disajikan sembarangan, dikhawatirkan akan tidak maksimal bahkan bisa membahayakan kesehatan si kecil loh bun. 

Adapun cara menyajikan menu MPASI yang baik dan benar ini, bisa bunda simak dalam ulasan berikut, check this out !

  1. Menjaga kebersihan menu MPASI

Sebelum menyajikan menu MPASI kepada sikecil, hal paling utama yang bunda mesti perhatikan adalah dengan memperhatikan kebersihannya. Baik itu memperhatikan bahan olahan makanan MPASI, dan juga peralatan makannya. Apalagi kalau bunda mau mengolah MPASI nya secara mandiri, maka bunda setidaknya harus mencuci berbagai bahan makanannya sebersih mungkin, dengan menggunakan air yang mengalir. Kalaupun ingin yang praktis, bunda bisa berikan menu MPASI dari cerelac nestle. 

  1. Selalu gunakan air yang matang

Hal yang tak kalah penting lainnya dalam penyajian menu MPASI selanjutnya adalah penggunaan airnya. Sangat wajib hukumnya sebelum bunda mengolah MPASI dari berbagai bahan, ataupun menu MPASI cerelac nestle sekalipun, air yang digunakan adalah air yang matang. Kenapa hal ini menjadi sangat penting? Karena air yang sudah dimasak sampai matang, sudah bisa dipastikan lebih steril dan lebih terjaga dari berbagai bakteri jahat, parasite, virus ataupun jamur yang bisa membahayakan kesehatan pencernaan si kecil. 

  1. Jangan menambahkan gula dan garam

Faktanya kandungan yang terdapat dalam gula dan garam, belum bisa bersahabat bagi usia anak yang berada direntang usia 6-12 bulan. Dengan demikian, sangat disarankan untuk bunda menghindari kedua jenis bahan makanan ini didalam menu MPASI sikecil. Sebagai alternatif pengganti gula, bunda bisa mencampurkan menu MPASI sikecil dengan ASI. Sementara untuk pengganti garam, bunda bisa menggunakan kaldu daging, kaldu ikan, ataupun kaldu ayam.