Akibat Menunggak Pembayaran Listrik

0
140
pembayaran listrik

Listrik merupakan kebutuhan wajib setiap orang, hampir semua kegiatan rumah  menggunakan listrik seperti lampu, AC, mesin cuci, kulkas, penanak nasi. Bahkan handphone pun juga membutuhkan listrik agar nyala. Sangat penting listrik bagi kehidupan masyarakat, dalam penggunaan listrik ini masyarakat dibebankan untuk pembayaran listrik setiap bulan. Pembayaran listrik dapat dilakukan secara online maupun offline. Ada beberapa akibat menunggak pembayaran listrik.

pembayaran listrik
pembayaran listrik
  1. Pemutusan aliran listrik sementara 

Pemutusan aliran listrik sementara ini, diberlakukan jika anda nunggak pembayaran listrik selama 30 hari (1 bulan). Pemutusan aliran listrik sementara ini dapat berakhir jika pelanggan yang bersangkutan sudah melakukan pembayaran listrik beserta denda.

  1. Pembongkaran instalasi listrik 

Pembongkaran instalasi listrik ini, diperlakukan jika anda tidak melakukan pembayaran listrik selama 60 hari. Setelah pemutusan aliran listrik sementara, instalasi aliran listrik yang dibongkar antara lain Sambungan listrik, alat pembayar dan pemutus aliran listrik, kabel listrik hingga tiang listrik KWH meter. Dengan catatan PLN akan memberikan surat peringatan terlebih dahulu jika k.h. kan melakukan pembongkaran instalasi listrik ini.

  1. Black list 

Blacklist atau pencoretan nama pelanggan, ini diberlakukan jika anda terlambat melakukan pembayaran listrik selama 3 bulan atau 90 hari. PLN tidak hanya melakukan pemutusan aliran listrik sementara, tidak juga melakukan pembongkaran instalasi listrik. tetapi PLN akan melakukan pencoretan nama anda sebagai pelanggan PLN secara permanen. Tidak hanya pencoretan nama anda sebagai pelanggan PLN, tetapi PLN akan mencabut aliran listrik Anda secara permanen. Hal ini pasti akan membuat Anda kesulitan.

  1. Biaya keterlambatan (Denda)

Pelanggan PLN yang melakukan pembayaran listrik melebihi batas akhir pembayaran setiap tanggal 20. Akan dikenakan biaya keterlambatan atau denda sesuai dengan batas daya dan volt ampere. Biaya keterlambatan atau denda yang harus dibayarkan Kan bisa dilihat dibawah ini:

  • Batas daya 450 volt ampere (VA) : Rp 3.000,- / bulan.
  • Batas daya 900 volt ampere (VA) : Rp 3.000,- / bulan.
  • Batas daya 1.300 volt ampere (VA) : Rp 5.000,- / bulan.
  • Batas daya 2.200 volt ampere (VA) : Rp 10.000,- / bulan.
  • Batas daya 3.500 – 5.500 volt ampere (VA) : Rp 50.000,- / bulan.
  • Batas daya 6.600 – 14.000 volt ampere (VA) : 3 % dari tagihan rekening listrik (minimal Rp 75.000,-) per bulan.
  • Batas daya di atas 14.000 volt ampere (VA) : 3 % dari tagihan rekening listrik (Minimal Rp 100.000,-) per bulan.

Setelah mengetahui beberapa akibat jika anda menunggak pembayaran listrik pasti anda tidak ingin mendapatkan beberapa sanksi seperti yang dijelaskan diatas. Agar anda tidak menunggak pembayaran listrik, Anda dapat menggunakan aplikasi Simobiplus dari Bank Sinarmas. Anda tidak perlu repot-repot datang ke ATM ataupun Antri di outlet pembayaran listrik secara offline. Anda cukup melakukan pendaftaran simobiplus di Bank Sinarmas terdekat di daerah anda, jika anda tidak dapat melakukan pendaftaran di cabang.  Anda dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi atau mengisi formulir.

Dengan menjaga rata-rata saldo harian dan transaksi, anda akan berkesempatan mendapatkan simaspoin. hal ini merupakan salah satu keuntungan jika anda sering melakukan transaksi menggunakan Bank Sinarmas. Poin ini ini dapat anda akumulasi dan dapat ditukarkan dengan voucher. Ini adalah salah satu keuntungan jika anda bertransaksi menggunakan Bank Sinarmas, selain Anda mendapatkan kemudahan dalam pembayaran listrik, Anda juga akan mendapatkan kemudahan-kemudahan lainnya saat bertransaksi menggunakan Bank Sinarmas.

Itulah beberapa akibat bengkak pembayaran listrik yang bisa anda ketahui. So, jangan lupa bayar listrik tepat waktu.