Langkah-langkah Teknik Pernafasan Saat Melahirkan

0
97

Persalinan secara normal merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh semua wanita. Agar persalinan lancar, Anda perlu melakukan teknik pernafasan dengan tepat. Banyak manfaat dari teknik pernafasan saat melahirkan mulai dari mengurangi nyeri saat bersalin, memaksimalkan pasokan oksigen untuk si Kecil, memperlancar persalinan, dan relaksasi otot serta pikiran. Sedangkan langkah-langkah dalam melakukannya yaitu sebagai berikut:

Tarik dan Hembuskan Nafas Secara Perlahan

Teknik pernafasan satu ini bisa dilakukan pada tahap awal persalinan. Caranya yaitu menarik nafas dalam-dalam melalui hidung, biarkan perut menggembung. Selanjutnya hembuskan nafas melalui mulut dengan bibir dikerucutkan seperti bersiul. Agar semua udara keluar, tekan perut secara lembut.

Rileks

Hal penting ketika melakukan teknik pernafasan saat melahirkan adalah rileks. Anda bisa memikirkan kata rileks untuk membuat perasaan menjadi tenang. Contohnya pikirkan kata “ri saat menarik nafas, kemudian kata “leks” saat menghembuskannya. Lepaskan ketegangan pikiran maupun tubuh.

Berhitung

Berhitung juga bisa dilakukan saat pernafasan dalam persalinan. Hitung angka 1-2-3-4 saat sedang menarik nafas. Lalu hitung lanjutannya 5-6-7-8 saat menghembuskannya. Lakukan secara lambat agar Anda tetap tenang.

Tarik Nafas dari Hidung, Hembuskan Melalui Mulut

Anda dianjurkan untuk melakukan pernafasan dengan mengambilnya dari hidung dan menghembuskan melalui mulut. Lakukan secara lembut dan perlahan agar perasaan Anda tetap tenang. Sambil menghembuskan nafas, Anda bisa mengeluarkan suara seperti “aah”, “ooh”, atau “uuh”.

Pant-pant Blow

Pant-pant blow merupakan teknik pernafasan lainnya yang bisa Anda lakukan. Caranya yaitu dengan mengambil nafas dalam-dalam, lalu mengeluarkan dua kali secara pendek. Di akhir, Anda perlu menghembuskan nafas dengan panjang pula. Setiap 10 detik, Anda bisa melakukan pernafasan ini sebanyak 5-2- kali.

Ambil Nafas Saat Sela-sela Mengejan

Anda akan dibimbing untuk mengejan saat memasuki tahapan kedua persalinan. Saat sudah masuk mengejan, Anda bisa mengambil nafas beberapa kali di sela-selanya. Hitung 1-5 saat mengejan, lalu ambil nafas secara dalam. Kemudian Anda lanjutkan mengejan lagi.

Itulah langkah-langkah teknik pernafasan saat melahirkan. Semoga informasi yang diberikan di atas bisa membantu Anda melancarkan persalinan. Konsultasikan kepada dokter agar persalinan Anda semakin lancar.