6 Cara Membedakan Cincin Berlian Asli Atau Palsu

0
113
cincin berlian pria

Saat ini perhiasan bukan hanya menjadi konsumsi wanita saja. Para pria pun sudah mulai memiliki kepercayaan diri memamerkan perhiasan yang mereka miliki. Salah satu perhiasan yang cukup digemari adalah cincin berlian pria.

Tentu saja model cincin berlian pria memiliki keunikan sendiri. Berbeda dengan cincin berlian yang dimiliki wanita. Namun, keindahan yang terpancar dari berlian tersebut tidak jauh berbeda dari berlian yang biasa kita lihat dari pancaran aura wanita. 

Akan tetapi, semakin maraknya penggunaan berlian, baik bagi wanita maupun pria, membuat banyak orang licik yang memanfaatkannya. Ada saja yang menjual cincin berlian palsu dengan klaim bahwa cincin tersebut asli dari batu berlian.

Membedakan Berlian Asli dan Palsu

cincin berlian pria
cincin berlian pria

Bagi Anda pecinta berlian, baik pria maupun wanita, sebelum membeli berlian sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara membedakan berlian asli dan palsu.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui, apakah berlian Anda asli atau palsu.

Kekuatan

Seperti yang kita ketahui, berlian merupakan batu mulia yang memiliki logam terkeras di bumi. Hal ini menyebabkannya tidak mudah tergores, patah ataupun pecah.

Menurut penelitian, berlian hanya mampu tergores jika bergesekan dengan batu berlian lain. Jadi, jika Anda mendapati belian yang dibeli pecah atau belah, disebabkan oleh sesuatu yang bukan berlian juga, dapat dipastikan berlian tersebut palsu.

Tidak berembun

Untuk melakukan pengetesan sebuah berlian dengan cara sederhana dan tanpa alat, kamu bisa melakukan fog test. Hembuskan nafas melalui mulut ke arah berlian. Jika timbul embun atau kabut di batu berlian tersebut, itu berarti berlian tersebut palsu.

Dalam berlian, terdapat konduktivitas panas yang bisa menyebabkan embun menghilang dengan sangat cepat, tanpa terlihat. Sehingga, hampir tak pernah terlihat ada embun yang membekas di berlian.

Tenggelam

Tingkat kerapatan dalam berlian sangat tinggi, sehingga jika Anda menaruhnya di dalam wadah berisi air, maka berlian akan tenggelam. Sedangkan, berlian palsu akan mengambang di permukaan.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa pengujian dengan cara ini hanya bisa dilakukan untuk berlian mentah. Bukan yang sudah tercampur dengan perhiasan. Karena dalam perhiasan sendiri, sudah ada logam lain yang akan membedakan hasil tes ini.

Tahan panas

Salah satu sifat berlian yang tidak dimiliki batu mulia lainnya adalah kemampuannya menyebarkan panas. Sehingga, jika berlian dipanaskan atau didekatkan ke sumber panas, tidak akan membuatnya meleleh, patah atau pecah. Berlian akan tetap terasa dingin saat Anda memegangnya.

Tidak tembus pandang

Sifat unik lain yang dimiliki berlian adalah membelokkan dan  membiaskan cahaya. Sehingga, berlian asli tidak akan tembus pandang.

Jika Anda meletakkan sebuah benda di bawah berlian, maka sangat mustahil melihat benda tersebut dari bagian atas berlian. Jika Anda masih bisa melihat seberkas warna saja dari bagian lain berlian melalui berlian tersebut, sudah bisa dipastikan jika berlian itu palsu.

Berwarna abu-abu

Seperti yang telah dikatakan di atas, berlian membelokkan atau membiarkan cahaya yang masuk. Kemudian memancarkan cahaya tersebut ke segala arah. 

Jika Anda memperhatikan, pada saat memantulkan cahaya, bayangan yang akan Anda dapatkan berwarna putih dan abu-abu. Ini adalah ciri-ciri berlian asli.

Sedangkan jika berlian palsu atau berkualitas rendah, bayangan cahaya yang dibiaskan berwarna pelangi.

Melakukan tes pada cincin berlian pria, baik keaslian dan kepalsuannya memang tidak semuanya bisa dilakukan pada saat sebelum melakukan pembelian. Karena itu, pilihlah toko yang benar-benar memiliki kredibilitas yang baik dan bisa dipercaya seperti Mondial & Miss Mondial.