Tips Belajar Fotografi Untuk Pemula

0
228
Belajar Fotografi
Belajar Fotografi

Fotografi adalah seni menghasilkan gambar atau foto dari tangkapan cahaya kamera. Seiring dengan perkembangan teknologi, seni fotografi semakin diminati. Hampir di setiap momen orang ingin mengabadikannya dengan foto. Kamera sebagai alat fotografi juga terus mengalami perubahan. Bentuknya semakin ringan dan lebih mudah dipakai. Namun, untuk menghasilkan gambar atau foto yang bagus, seseorang harus belajar fotografi.

Bagi Anda yang baru mengenal fotografi dan berminat serius dalam bidang ini, berikut adalah tips belajar fotografi untuk pemula.

1. Mengenali Fungsi Tombol-Tombol Pada Kamera
Model kamera yang umumnya digunakan untuk fotografi adalah SLR atau DSLR. Tipe kamera ini berbagai macam, mulai dari yang berharga mulai kisaran dua juta rupiah sampai puluhan juta rupiah.

Agar penggunaan kamera yang dimiliki optimal, maka Anda harus mengenali tombol-tombol pada kamera. Pengenalan dapat dengan melihat manual book yang selalu ada saat membeli kamera. Umumnya manual book sudah menjelaskan secara terperinci semua fungsi bagian kamera.

2. Mempelajari Teknik Mengambil Gambar
Setelah mengenali dan memahami fungsi semua tombol-tombol pada kamera, maka selanjutnya mempelajari teknik mengambil gambar. Teknik mengambil gambar yang penting bagi pemula, antara lain shutter speed (teknik mengambil gambar dengan objek berjalan), aperture (kedalaman pandangan), dan ISO (kesensitifan kamera terhadap cahaya).

3. Merawat Kamera
Merawat kamera merupakan bagian dari belajar memotret. Kamera yang terawat akan menghasilkan foto yang bagus dan indah.

4. Eksperimen dan Praktek
Semua pelajaran akan berhasil jika dipraktekkan. Pemula dalam fotografi harus selalu bereksperimen dan praktek tanpa bosan.

5. Minta Pendapat Orang Lain
Jangan malu minta pendapat orang lain tentang hasil foto yang Anda buat. Pendapat dan masukan orang lain tidak perlu dijadikan patokan, tetapi harus memacu Anda untuk terus berkarya dan membuat foto lebih baik.

Itulah tips belajar fotografi bagi pemula. Namun, bagi Anda yang ingin lebih mendalami bidang fotografi, sekolah formal akan sangat membantu. Sekolah formal yang mempunyai jurusan fotografi terbaik adalah International Design School, disingkat IDS. IDS adalah sekolah yang sangat cocok bagi Anda yang ingin terjun di bidang industri kreatif dan visual communication.