Cemilan Tradisional Indonesia Khas Aceh

Cemilan Tradisional Indonesia
Cemilan Tradisional Indonesia

Cemilan Tradisional Indonesia – Adakah yang ingin mengenal cemilan tradisional Indonesia khas Aceh? Aceh adalah wilayah yang memiliki keragaman dan memiliki kekayaan alam, kekayaan ilmu pengetahuan, dan budaya yang sangat luar biasa. Hal inilah yang membuat Aceh menjadi daerah yang spesial dari zaman kerajaan, penjajahan hingga zaman modern sekarang ini.

Kota yang mendapat julukan “Serambi Mekkah” ini tidak terkenal dengan turis dan tidak ketinggalan dengan wisata kulinernya. Beraneka ragam sajian kuliner yang membuat lidah kita bergoyang.

Cemilan Tradisional Indonesia
Cemilan Tradisional Indonesia

Maka tidak heran kalau kita akan ke Aceh akan memperoleh cemilan tradisional Indonesia khas Aceh. Apa saja makanan tradisional khas Aceh, mari kita simak:

  • Pisang Sale

Pisang Sale sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional di kawasan Aceh Timur sebagai sentra pisang sale wilayah Aceh. Makanan tradisional ini memiliki rasa dan aroma yang khas, terbuat dari pisang matang yang kemudian di keringkan, kemudian di asapi agar tahan lama. Pisang Sale dapat disantab langsung atau dengan di goreng terlebih dahhulu.

  • Kembang Loyang

Kembang Loyang ini merupakan salah satu makanan khas Aceh dengan bahan utama pembuatan Kembang Loyang adalah tepung ropi bercmpur dengan gula, telur dan sari pati santan kelapa. Kembang Loyang sering haadir dalam acara hajatan dan hari-hari besar masyarakat Aceh.

  • Lepat

Masyarakat Indonesia pasti tau makanan yang di bungkus dengan daun pisang lalu dikukus ini adalah Lepat. Lepat berisi kelapa parut pada bagian tengahnya. Banyak bisa dilakukan pada hari besar dan dapat bertahan sampai dua minggu lamanya.

  • Jadah Lemang

Makanan atau cemilan tradisional Indonesia khas Aceh ini bercita rasa gurih, terbuat dari beras ketan bercampur denga kelapa berbumbu garam. Rasa gurih yang menggiurkan sangat cocok bila dinikmati dengan rendang menjadi sajian Wajib mencampur hari raya idul adha.

Masih banyak lagi cemilan tradisional indonesia khas Aceh yang dapat Anda nikmati. Namun, dalam kesempatan ini, 4 jenis materi yang dapat kami sajikan untuk Anda semuanya semoga bermanfaat.